MTQ ke 30 Tingkat Provinsi Maluku Dibuka, Ambon Sebagi Tuan Rumah

  • Bagikan
MTQ Provinsi Maluku
Pj Gubernur Maluku Sadali Ie membuka secara resmi pelaksanaan MTQ ke 30 di Lapangan Merdeka, Ambon, Sabtu (22/6/2024). (foto by jardin/ameks)

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 30 tingkat Provinsi Maluku, resmi di buka oleh Penjabat Gubernur Sadali le. Pembukaan berlangsung di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Sabtu (22/6/2024) malam.

Kegiatan Keislaman ini dipusatkan di Lapangan Merdeka, dan Kota Ambon sebagai tuan rumah tersebut, diikuti sebanyak 354 orang peserta dari 11 Kabupaten kota se Maluku.

Dari 355 orang peserta itu terdiri dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) 20 orang, kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) 12 orang, kabupaten Buru 32 orang, kabupaten Buru Selatan 19 orang, kabupaten kepulauan Aru 24 orang.

Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) 38 orang, kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) 40 orang, kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) 32 orang, kabupaten Maluku Tengah 46 orang, Kota Tual 46 orang, dan Kota Ambon 44 orang.

Penjabat Gubernur Maluku Sadali le mengatakan, Musabaqah Tilawatil Quran mempunyai posisi yang sangat strategis dalam membangun mental, spiritualitas. Hal itu akan sangat menguntungkan masa depan dan peradaban bangsa kedepan.

"Maka kita melaksanakan acara-acara keagamaan seperti ini tidak membuat kita terjebak pada ajaran serimonial saja, tetapi setidaknya kita dapat menangkap fakta dari inti sari serta berimplikasi secara signifikan, karena pembangunan akhlak dan peradaban bangsa ini," kata Sadali.

Pada intinya, Al-Quran sebagai petunjuk untuk umat manusia, selain dilakukan melalui MTQ dengan berbagai cabang mata lomba, sejatinya nilai-nilai Al-Quran harus tertanam dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sementara itu, ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an Provinsi Maluku, Ismail Usemahu mengatakan, kegiatan MTQ ini merupakan pengembangan syariat Islam dan ikhtiar untuk menggaungkan kalam ilahi dalam meneguhkan kesuciannya, dan memperkuat keimanan.

Salah satu pembangunan di dalam agama adalah peningkatan, pemahaman, dan pengembangan nilai-nilai keagamaan di masyarakat dan diantaranya adalah melalui kegiatan MTQ.

"Untuk itu kami menyambut dengan rasa syukur dan gembira atas terselenggaranya MTQ ke 30 tingkat provinsi Maluku di kota ambon," katanya.

MTQ kali ini mempertandingkan 7 cabang mata lomba yang meliputi Tilawah Al-Quran, Hifzil Qur’an, Qiraat, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Penulisan karya ilmiah Al-Quran, dan Khat Al-Quran. “

Sedangkan jumlah official pelatih dan pendamping kurang lebih 705 orang, total keseluruhan berjumlah 1059 orang," ungkapnya.(jardin papalia).

  • Bagikan