SMA 2 Tamilouw Gelar Porseni, Ada Lomba Jadi Jurnalis

  • Bagikan
Maluku Tengah
Siswa siswi SMA 2 keliling kampung Tamilouw, sebelum melaksanakan Porseni.(Foto: SMA 2 Tamilouw)

Malteng, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Usai melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Tahun Pelajaran 2022/2023, OSIS SMA Negeri 2 Tamilouw, Kecamatan Amahai, Maluku Tengah, menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) bagi siswa- siswi di lingkungan sekolah.

Dilaksanakan selama 4 hari, dimulai sejak Rabu hingga Sabtu, 14- 17 Desember 2022. Porseni yang merupakan program kerja bidang 7 OSIS SMAN 2 Malteng ini, tentunya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Pada kegiatan ini, ada beberapa mata lomba yang ditiadakan, dan ditambahkan mata lomba yang baru yakni Fashion Show Jojaro Mongare dan Lomba Jurnalis.

Upacara pembukaan dimulai Rabu (14/12/2022). Pembukaan Porseni dilakukan di lingkungan masyarakat.Siawali dengan parade keliling kampung, serta penyerahan obor Porseni dari kepala sekolah ke pembina OSIS, dan pelepasan balon ke udara sebagai tanda dibukanya kegiatan porseni.

Kepala SMAN 2, Abdul Kadir Wailissa, S.Pd dalam sambutannya, mengatakan pelaksanaan pembukaan porseni tahun ini, harus sesuai dengan kondisi kekenian. Sekolah harus di ekspose ke masyarakat.

Setiap kegiatan, tambah Wailissa, tidak hanya terfokus pada lingkungan sekolah saja, tetapi harus dipublikasikan ke lingkungan masyarakat.

“Porseni ini rutin dilaksanakan pasca ujian semester, sebagai ajang untuk menyalurkan minat, bakat dan prestasi untuk dikembangkan dalam kegiatan-kegiatan yang lebih besar lagi,” katanya.

Perkembangan dunia olahraga saat ini pada umumnya, menurut Wailissa, telah mengalami perkembangan pada beberapa tahun terakhir ini yang cukup memuaskan.

“Potensi-potensi muda telah bermunculan seiring dengan perkembangan dunia olahraga. Hal ini tidak lepas dari peran serta dari beberapa pihak yang memberikan support dan ruang kepada para pelajar untuk mengaktualisasikan kreaktivitas dan sportivitas mereka dalam sebuah turnament,” kata Wailissa.

Koordinator kegiatan, Erni pakalessy, S.Pdi, mengaku bangga atas terselenggaranya Porseni tahun ini. Karena tak hanya sebagai konsolidasi seluruh komponen sekolah, tetapi juga untuk memupuk rasa kebersamaan, kekeluargaan dan solidaritas yang semakin kuat dan hebat.

“Nilai yang dijunjung dalam olahraga adalah sportivitas, respek, fair play saling menghormati dan menghargai, porseni ini diharapkan melahirkan bakat-bakat yang bisam memberi warna dan kelak bisa diandalkan diajang-ajang yang senada, “ujar Erni Pakelessy.

Ketua panitia porseni, Will Nurlette menyatakan porseni tahun ini Kembali dilaksanakan selama 4 hari untuk meningkatkan bakat siswa, terkhusus para peserta lomba.

“porseni ini setiap semester kita laksanakan dan pelaksanaanya itu dari OSIS sendiri. Adapun maksud dan tujuannya yaitu lebih meningkatkan bakatnya siswa, apalagi porseni kali ini agak berbeda seperti penambahan lomba Fahsion Show dan Jurnalis,” kata Wil, Rabu (14/12/2022) pagi.

Porseni diikuti seluruh siswa perwakilan kelas X hingga kelas XII, dengan jenis perlombaan, Futsal,
Volly Putri, Tenis meja, Lari 100 m Putra – Putri.

Sementara di mata lomba seni, ada Lomba kebersihan kelas dan lingkungan (7 K), Tari Kreasi
, Pidato non teks, Fashion Show, dan Jurnalis.

“Semoga dengan porseni ini menjadikan siswa lebih bersemangat, kreaktif. Sehingga siswa mampu termotivasi untuk lebih berkreasi dalam mengeksplorasi minat bakat guna menghasilkan prestasi yang gemilang,” harapannya (RISY AN/PRO)

  • Bagikan