Jawara Mahasiswa Berprestasi, Adidharma Wakili Unpatti Diajang Pilmapres Tingkat Wilayah

  • Bagikan
unpatti
Tiga mahasiswa berprestasi Unpatti. (Foto: Humas Unpatti)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Universitas Pattimura (Unpatti) menetapkan, Arnedi Rizki Adidharma, Emanuel Marthen Embuai, dan Reka Febriani sebagai mahasiswa berprestasi. Mereka terbaik dalam pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) tingkat Unpatti.

Pilmapres tingkat Unpatti berlangsung di Aula lantai II Gedung Rektorat Universitas Pattimura, Kamis (4/4/2024). Ajang ini sebelumnya diikuti oleh 9 mahasiswa dari masing-masing fakultas.

Hasil seleksi, menempati Adidharma (pemenang I) mahasiswa Fakultas Teknik, Emanuel Marthen Embuai (pemenang II) mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Reka Febriani (pemenang III) mahasiswa Fakultas Kedokteran.

Kompetisi mahasiswa ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional dibawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Ketiganya ditetapkan sebagai pemenang setelah dilakukan penilaian oleh Tim Juri terkait gagasan kreatif, presentasi gagasan kreatif, capaian unggulan melalui wawancara, kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris.

Diketahui, Arnedi Rizki Adidharma tampil dengan judul gagasan kreatif Blurguard, Perancangan Algoritma Untuk Menegakan Standar Konten Foto Produk UMKM pada Platform e-Commerce Berbasis C2C.

Emanuel Marthen Embuai tampil dengan karnya, Pengembangan Sistem Deteksi Dini TBC Menggunakan Metode Extreme Gradient Boosting sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat.

Sementara Reka Febriani tampil dengan karya, Potensi Pemanfaatan Ekstrak Galoba (Horsntindia alliacea) Asal Maluku sebagai Back to Nature Terapi Komplementer dari Komplikasi Tuberculosis: Tinjauan Literatur.

Namun dari ketiga pemenang, hanya pemenang I, yang akan mengikuti seleksi Pilmapres tingkat wilayah.

Sebelumnya, Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy mengatakan, selaku civitas akademika dan tenaga kependidikan, Unpatti punya tanggungjawab besar untuk menghasilkan mahasiswa yang berkualitas.

Baik dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam proses Tridharma Perguruan Tinggi serta juga mempersiapakan mereka menjadi calon pemimpin bangsa yang mampuh beradaptasi dengan perkembangan yang ada, dan mampu bersaing disemua ajang.

“Penguasaan dan adaptasi yang baik serta mampu berkompetisi di era perkembangan ilmu pengetahuan, informasi dan teknologi adalah barometer bagi keberhasilan mahasiswa. Dan bagi para Dosen, agar dapat melakukan proses pembimbingan dan pembinaan secara baik dan konsisten agar dapat mempersiapkan mahasiswa yang mampu dan siap berkompetisi, baik ditingkat regional maupun nasional,”ujarnya.

Dia berharap, kepada pemenang, mampu membawa dan mengharumkan nama institusi ini di kanca nasional serta tetap mengasah kemampuan yang ada, sehingga bukan saja di kancah nasional, tetap kedepanya nama Unpatti dapat diharumkan lebih tinggi lagi.

Sementara itu, Ketua Panitia seleksi Pilmapres Tingkat Universitas Pattimura, Amjad Salong dalam laporannya mengatakan, pemenang I akan diikutsertakan pada seleksi tingkat wilayah yang akan diselenggarakan oleh Badan Dikti.

Dan selanjutnya pemenang tingkat wilayah, akan diikutsertakan pada kompetisi tingkat nasional tanggal 24-28 Juli 2024 yang akan berlangsung di Universitas Negeri Gorontalo. (jardin papalia)

  • Bagikan