Dua Pelajar Maluku Juara Satu Karate Nasional

  • Bagikan

Ambon,AMEKS.FAJAR.CO.ID.- Delapan orang pelajar Sekolah Menengah (SMK) yang di kirim mewakili Maluku mengikuti Empat Cabang Olahraga (Cabor) di pergelaran Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMK Tingkat Nasional, di Jakarta, berhasil mengharumkan nama Maluku.

Dari Delapan orang siswa-siswi dikirim, dua diantaranya berhasil menyabet juara Satu dari Cabor Karate. Kristo Iwane yang turun di kelas perorangan 61 kilogram kategori Komite putra berhasil raih juara satu.

Kristo asal sekolah SMK Negeri Tujuh (7) Ambon. Sedangkan, kategori Komite Perorangan 53 Kg Putri, juara Satu di raih, Jein N. Waatwahaan asal sekolah SMK Kesehatan Nusaniwe Ambon. Selain juara satu, Jein juga menyabet juara Tiga kategori Kata Perongan, Karate.

Diketahui, ada Empat Cabang Olahraga (Cabor) dikuti di Olimpiade O2SN SMK Tingkat Nasional, diantaranya, Karate, Pencak Silat, Renang dan Atletik. Perwakilan Maluku, untuk Cabor Atletik masuk 10 besar, dan Cabor Renang masuk Enam besar.

Pantauan media ini, tiba di kota Ambon, Sabtu (16/9/2023), di Bandara Internasional Pattimura, Jein, Kristo dan kontingen lainya, di sambut hangat Kepala Bidang SMK, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Anissa.

Annisa kepada Ameks.Fajar.Co.Id mewakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Pemprov Maluku nengaku bangga atas torehan prestasi di raih oleh Jein dan Kristo.

"Ini adalah yang terbaik di tahun ini (2023), dan kami sangat bangga. Dan semalam Saya sudah laporkan ke pak Gubernur, hari ini (Sabtu-red) kita penjemputan, hanya saja karena beliau (gubernur) jam 07.30 WIT ada agenda dengan PLN beliau tidak sempat, sebenarnya beliau juga mau menjemput mereka," ujar Anissa.

Annisa, berharap kedepannya agar ada lagi siswi-siswi SMK di Provinsi Maluku bisa berprestasi, dan tentu takan dilakukan pendampingan.

" Sehingga lebih banyak lagi anak-anak Maluku yang berprestasi di Bidang Olahraga," kata Annisa.

Annisa juga memastikan, akan melakukan rapat bersama kepala-kepala sekolah agar siswa-siswi yang berpestasi diberikan beasiswa selama mereka menempuh pendidikan.

"Dan Delapan siswa-siswi dikirim mengikuti O2SN ini akan berikan beasiswa sebagai bentuk apresiasi. Bukan Dua saja yang meraih juara, sehingga ini menjadi motivasi juga untuk anak-anak Maluku lainnya agar bisa berusaha mengukir prestasi di kanca nasional," ucapnya.

Anissa, mengatakab prestasi yang di torehkan membuktikan bahwa anak-anak Maluku bisa berprestasi di kancah nasional.

" Ini membuktikan bahwa siswa-siswa di Maluku bukan saja menjadi penggembira, tetapi membuktikan mereka juga bisa berprestasi menyangi teman-temanya dari provinsi lain di Indonesia," demikian Annisa.(Elias Rumain).

  • Bagikan