Waspada! Pohon Tumbang Air Besar, Banjir Lewati Talud Galala

  • Bagikan
Banjir Galala, Ambon
kondisi Kali di Galala, Selasa (5/7)..

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Angin kencang disertai hujan yang terjadi sejak Senin (4/7) malam hingga, senin (5/7) siang menyebabkan banjir di sejumlah lokasi, dan Pohon tumbang di Kota Ambon, Maluku.

Banjir terparah terlihat di lokasi Polsek Teluk Ambon. air sudah mencapai lutut orang dewasa. Bahkan sebagian rumah sudah terendam banjir. Sementara Air Besar, pohon tumbang hingga menutupi badan jalan.

Sementara di Galala, Kecamatan Baguala, Ambon air sudah meluap melewati talud. Nampak dari video yang diterima ameks.fajar.co.id, air meluap hingga masuk ke pemukiman warga.

Hingga Selasa (5/7) siang belum ada laporan resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Ambon terkait lokasi bencana. Namun dari sejumlah postingan warga di facebook, nampak kondisi terparah juga terjadi di jalur Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah atau tepat di depan LIPI Unpatti.

Gorong-gorong yang tak berfungsi diduga menjadi penyebab meluapnya air hingga menutup ruas jalan tersebut. Sejumlah sungai di Kota Ambon juga dilaporkan mulai meningkat debit airnya.

Dua Cek Dam di daerah Ahuru, yang dibangun Balai Wilayah Sungai Maluku rupanya tidak dapat difungsikan dengan baik. Luapan air di Ahuru, hingga Batumerah cukup tinggi.

Banjir juga menggenangi sejumlah ruas jalan di Kota Ambon. AY Patty, jalan utama yang selalu menjadi langganan banjir, juga tak luput.

Kondisi di jembatan Halong yang sedang dibangun ulang, akibat putus pada tahun lalu, juga terjadi kemacetan panjang. Masyarakat dianjurkan untuk tidak melewati jalur itu, dan beralih ke jalur Jembatan Merah Putih melalui Passo. (ARH)

  • Bagikan