Pemkot dan Polresta Pasang Belasan Kamera Pemantau di Mardika

  • Bagikan

Ambon,AMEKS. Fajar. Co.Id.- Setelah sekian lama meresahkan warga, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, bersama Polresta Ambon, akhirnya memasang kamera pemantau (CCTV) diseluruh pelosok pasar dan terminal Mardika, guna memantau aktivitas warga dikawasan tersebut.

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Melkias Wattimena mengatakan, untuk membantu aparat keamanan baik Polresta maupun Kodim 1504/Ambon, dengan menyedikan dan memasang kamera pemantau.


"CCTV ini juga dipantau langsung oleh saya (Penjabat Wali Kota-red), pak Kapolresta dan Dandim diruang kerja masing-masing disamping yang dipantau oleh personil di Pos pengamanan terpadu yang akan kita dirikan dalam waktu dekat ini,"kata dia, setelah mendampingi Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif, mendatangi kawasan pasar dan terminal Mardika, Jumat (17/2).

Menurutnya, langkah yang dilakukan untuk membasmi seluruh aksi kriminal dikawasan Mardika telah menjadi dambaan seluruh warga Kota Ambon.


"Aksi kriminal di Mardika memang selama ini sangat meresahkan para pedagang bahkan warga yang beraktivitas di Mardika, sehingga langkah yang dilakukan pak Kapolda, Kapolresta dan jajaran ini langkah yang sangat baik untuk itulah Pemkot memiliki tanggungjawab untuk bantu,"tegasnya.

Sementara itu, Kapolresta Ambon, Kombes Raja Arthur Lumongga Simamora mengatakan, pihaknya sesuai perintah Kapolda Irjen Lotharia Latif, membuat pihaknya akan segera mendirikan pos pengamanan terpadu dikawasan teminal B Mardika.


"Segera kita bangun Pospam terpadu, dengan melibatkan unsur Pemerintah kota TNI dan Polri, sebagai energi baru dalam mencegah seluruh aksi kriminal di Mardika,"kata dia.

Selain membangun Pos pengamanan, perwira dengan tiga melati dipundaknya itu mengaku, akan memasang kamera pemantau di belasan titik yang berada di kawasan Mardika itu.


"Kemudian nanti kita lengkapi ada 13 CCTV kemudian nanti kita lengkapi dengan alat pemadam, sehingga beberapa titik-titik tadi sehingga bisa meminimalisir potensial atau mungkin rawan, copet, jambret, tawuran antar kelompok, dan aksi kriminal lainnya,"paparnya.

Pengamanan dan kamera pemantau itu, lanjut mantan Kapolres Maluku Tengah itu, akan dimaksimalkan.


"Pos pengamanan terpadu dan bisa jadi permanen di Mardika itu. 24 jam akan terpantau dan kita awasi betul,"tandasnya. (ARH).

  • Bagikan