Puluhan Rumah di Desa Dava terendam Banjir

  • Bagikan
Pulau Buru
Warga membangun jembatan darurat diatas jembatan yang roboh, Kamis (11/5/2023).

Namlea, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Puluhan rumah warga di Dusun Wapsait Desa Dava, kecamatan Waelata, Kabupaten Buru terendam banjir. Derasnya curah hujan mengakibatkan genangan air mencapai 20-50 cm. Warga yang terdampak dengan cepat mengemasi barang bawaan ke tempat yang lebih aman.

Kepala desa Dava, Rasyid Belen mengatakan, banjir tersebut akibat curah hujan beberapa hari terakhir, mengakibatkan sungai Waelata meluap hingga ke jalan dan pemukiman warga setempat.

"Saat ini masyarakat yang terdampak sudah mengamankan barang-barang mereka ke sebagian rumah warga yang tidak terkena banjir" kata, Rasyid Belen, kepada Ambon Ekspres, Kamis (11/5)

Beruntungnya lanjut Belen, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir ini. Hanya saja, warga merasa tidak nyaman dengan kondisi banjir dan hujan yang tidak henti-hentinya.

"Beberapa warga sekitar yang tidak terkena banjir turut membantu, mengamankan barang-barang bawaan milik mereka yang terkena banjir" ungkap Belen

Rasyid Belen menambahkan, tidak hanya benjir. hujan deras beberapa hari terakhir juga mengakibatkan, jembatan penghubung di dusun Wapsait roboh. Dengan peralatan seadanya warga sekitar di bantu beberapa anggota Babinsa setempat menggunakan papan dan balok kayu membuat jembatan Sementara.

"Sekarang sudah bisa dilewati. Warga dan Babinsa setempat membuat jembatan dengan peralatan seadanya. Namun, Alhamdulillah sudah bisa dilewati" katanya.

Rasyid berharap, pemerintah daerah kabupaten buru secepatnya melakukan penanganan, dan membangun ulang jambatan itu. Mengingat, jembatan itu merupakan akses penghubung di jalan utama dusun Wapsait dan sekitarnya. (YS)

  • Bagikan