Pengedar Sabu Nitip Nasi Padang Berisi Narkoba ke Lapas

  • Bagikan
Ambon
ILUSTRASI

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID.- Narkoba disembunyikan di dalam nasi padang. Makanan ini lalu dibawah oleh orang tak dikenal ke Lapas, untuk diberikan kepada empat orang tahanan. Karena sudah lewat waktu kunjungan, sebungkus nasi padang itu diletakan saja di dekat pintu masuk.

Setelah diletakan, orang itu pergi saja meninggalkan barang itu. Peristiwa ini terjadi di Lapas Kelas IIB Kota Tual, pada Rabu (7/6/2023). Petugas merasa curiga dengan bungkusan nasi padang yang diletakan OTK itu diatas depot air isi ulang Lapas Kelas IIB Kota Tual.

Setelah diperiksa, petugas menemukan ada Sabu. Mereka lantas memanggil empat orang tahanan yang diduga akan menerima titipan nasi padang berisi sabu itu.

Muhammad Alamsyah Rahman, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Kelas IIB Tual yang di konfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut. Menurutnya, kejadian itu terjadi Rabu (7/6/2023) sekira pukul 15.55 WIT.

Selain satu paket kecil berisi Sabu seberat 0,19 gram, ada juga diamankan alat hisap Sabu (Bong), dan satu korek api warna merah.

Alamsyah, juga mengaku bungkusa nasi padang itu akan di tujukan untuk 4 orang warga Binaan Lalas, masing-masing inisial SR (40), KR (35), ZA (37), dan KLR (20).

Kronologis kejadian, Alamsyah menjelaskan awal seorang pengunjung (otd) mengaku keluarga KRL.

"Dia datang dengan mau menitip satu bungkus nasi padang. Karena sudah di luar jam penitipan barang, maka petugas menolak," jelas Alamsyah, menjelaskan kronologis kejadian kepada Ameks.Fajar.Co.Id, Minggu (11/6/2023).

Alamsyah, yang di hubungi Ambon Ekspres via saluran telephone itu, menjelaskan setelah petugas menolak menerima nasi bungkus titip pengujung Lapas itu." Pengujung langsung menaru saja nasi bungkus itu di meja depot air isi ulang Lapas," jelas Alamsya, lagi.

Dari situlah, petugas kemudian mencurigai isi bungkusan di taru pengujung misterius itu." Merasa curiga, petugas melaporkan ke petugas penjaga pintu utama. Kemudian petugas berkordinasi dengan saya," jelasnya.

Alamsyah, mengaku setelah mendapat laporan Ia bersama petugas lainya, kemudian mengambil nasi bungkus itu dan memeriksa isinya." Setelah kita periksa isi dari bungkus (nasi padang) itu kita temukan paket kecil berisi narkoba yang diselipkan dalam potongan ikan," katanya.

Menanggapi temuan itu, Alamsyah mengaku Plt Kalapas IIB Tual, Waskito, perintahkan untuk lakukan investigas internal dan melaporkan kejadian ke Polres Tual.

"Sehingga kita langsung lakukan pemeriksaan terhadap KRL, dari pengakuam KRL kemudian kita amankan tiga pelaku lainya. Dan tindakan selanjutkan kita lakukan pemeriksaan urine para terduga pelaku didampingi pihak BNNK Tual," demikian Alamsyah. (ERM).

  • Bagikan