Terpilih Aklamasi, Ulwan Talaohu Jadi Ketua Dayung Maluku 2023-2027

  • Bagikan
Muhammad Ulwan Talaohu
Muhammad Ulwan Talaohu, Ketua PODSI Maluku

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID CO. ID.-Muhammad Ulwan Talaohu, terpilih aklamasi sebagai Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (Pengprov Podsi) Maluku durasi 2023-2027, dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) yang digelar di Ambon, kemarin.

Dalam Musprov ini, Talaohu mendapat dukungan dari 9 voters atau pemilik suara sah yang hadir, sementara dua voters lainnya absen.

Janje Haumase, Carateker Ketua Pengprov Podsi Maluku mengatakan, Talaohu terpilih secara aklamasi karena tidak ada calon lain. Sehingga sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang bersangkutan langsung terpilih untuk menakhodai Podsi Maluku empat tahun ke depan.

"Ini sudah sesuai dengan AD/ART organisasi, jadi Talaohu terpilih secara aklamasi karena tidak ada calon lain," kata Haumase kepada media ini, Senin (26/6).

Haumase yang juga Wakil Ketum KONI Maluku ini berharap, Podsi Maluku bisa berprestasi dibawah kendali Talaohu.

"Pra PON dan PON sudah semakin dekat, makanya saya berharap, pengurus Podsi bisa bekerja maksimal dengan menyiapkan atlet terbaiknya jelang event nasional tersebut, " jelasnya.

Selain itu, kata Haumase, pihaknya juga berharap dengan adanya kepengurusan Podsi Maluku, bisa menunjang kegiatan atau program jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

"Sehingga dengan adanya pengurus yang sah, tentu bisa disegerakan menyiapkan atlet, membina atlet dayung Maluku, dan tentunya bisa ikut dalam berbagai event dayung sepanjang tahun ini," jelasnya menutup pembicaraan.

Sementara itu, Ulwan Talaohu menuturkan, untuk langkah awal, pihaknya akan membentuk pengurus.

"Kami targetkan seminggu ini pengurus sudah terbentuk. Setelah terbentuk sembari menunggu dilantik selanjutnya, kita akan menyusun program sekaligus menjaring atlet dayung dan juga latihan bersama dengan atlet-atlet senior, " ungkapnya.

Lanjut dia, tim formatur akan bekerja menyusun dan melengkapi kepengurusan Pengprov Podsi Maluku paling lambat 30 hari.

"Kami masih punya waktu sebulan untuk menyusun pengurus lengkap. Mudah-mudahan bisa selesai dalam beberapa hari kedepan, " tutur dia.

Talaohu yang juga Kepala Satker Balai PJN (Pemeliharaan Jalan Nasional) Maluku yang menangani wilayah I melingkupi Pulai Buru, Pulau Ambon dan Pulau Seram Bagian Barat ini, telah menyiapkan program kerja jangka pendek, menyiapkan atlet untuk Kejurnas / Pra PON 2023 di Cipule, Karawang Barat, November mendatang.

"Ada juga program jangka menengah, yaitu mengupayakan agar cabang olahraha dayung dilombakan dalam Popmal (Pekan Olahraga Pelajar Maluku) dan program jangka panjang yang berfokus pada memantapkan talent scouting, melengkapi peralatan dayung, dan menyiapkan venue latihan dan Pelatda, " terang Talaohu.

Diakhir pembicaraan, Talaohu mengucapkan terima kasih kepada seluruh voters yang telah memberikan dukungan kepadanya.

"Terima kasih atas kepercayaan ini. Saya siap menjalankan amanah ini dan yang paling penting adalah mari kita saling dukung agar cabor ini bisa berprestasi kedepan, " kuncinya. (CAL)

Berikut 9 Voters yang hadir di Musprov Podsi

1.Kota Ambon
2.Pulau Buru

  1. Buru Selatan
  2. Maluku Utara
  3. Maluku Tenggara
  4. Maluku Barat Daya
    7.Kota Tual
  5. Seram Bagian Barat
    9.Seram Bagian Timur

Dua yang Tidak Hadir

1.Pulau Aru
2.Kepulauan Tanimbar.

  • Bagikan