Tim Musikalisasi SMA 4 Ambon Jawara Tingkat Nasional

  • Bagikan
juara musikalisasi dan puisi

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Siswa SMA Negeri 4 Ambon raih juara pertama di ajang Musikalisasi puisi yang digelar Kantor Bahasa Maluku. Ini kali kelima SMA ini mendapatkan juara 1 tingkat nasional.

Kepada Ambon Ekspres, kepala sekolah SMA Negeri 4 Ambon, Laurens Makatipu, S.Pd mengapresiasi torehan prestasi yang ditorehkan anak didiknya dalam ajang lomba Musikalisasi puisi 2023. Mereka membawa harum nama sekolah sekaligus daerah Maluku.

"Saya kaget, ternyata latihan yang selama ini dilakukan tidak sia-sia. Walau memang, setiap tahunnya ikut dan menang tingkat Provinsi, tapi anak didik saya tidak patah semangat. Di kali kelima, tidak tanggung-tanggung juara 1 Musikalisasi tingkat nasional diraih sama mereka," katanya saat ditemui diruang kerjanya, Sabtu, (15/7).

Selama ini, mereka berlatih sangat serius. Ada atau tidak adanya event, mereka terus berlatih dibawah bimbingan guru seni dan guru Bahasa dan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Dengan keuletan dan keseriusan selama ini, mereka dapat menorehkan prestasi seperti saat ini. Prestasi non akademik, kata dia, terus dipacu. Dimana, kegiatan ini masuk kedalam ekstrakulikuler sekolah.

Tim inti terdiri dari lima orang, yakni, Kelas XI IPA 1 Gloryo A. Thenu (Cajon dan Chimes), Kelas XI IPA 6 Marsya Waas (Vokal), Kelas XI IPS 1 Bob Letelay (Keyboard), Kelas X 1 Gwen C. P. Lempang (Vokal dan Gitar Bass) dan Kelas X7 Imanuel R. Wemay (Gitaris). Dan cadangan dua orang. Pelatih, Guru Seni Thenno Limba, S.MG dan Guru Bahasa dan Sastra Indonesia Sefnat Lie, S.Pd.

Dalam perjalanannya, kata dia, Kantor bahasa Maluku memberikan hak penuh untuk mengelola musik. Mereka hanya memberikan puisi saja.

"Jadi penampilan musikalisasi, kita yang atur dan ciptakan. Dan beberapa tahun ini, ajang Musikalisasi masih dilakukan secara daring. Namun, sebelumnya, dilakukan secara tatap muka. Dan waktu dilakukan daring, kita hanya membuat video penampilan, terus kita serahkan ke pusat untuk di seleksi," ujarnya.

Dia menambahkan, ekstrakulikuler seperti ini, pihaknya telah memprogramkan sudah jauh hari. Sehingga, jika ada event, mereka lamgsung dapat mempersiapkan diri. (LMS)

  • Bagikan