Liga Amal Tulehu, Wakil SBB ke Semifinal Setelah Kandaskan Liang Selection

  • Bagikan
liga amal Tulehu
Pemain Gemba FC rayakan kemenangan atas Liang Selection, Kamis (31/8/2023). (Foto: Faisal/ameks)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID -Tim sepakbola Gemba Fc lolos ke babak semifinal Liga Amal Ina Latu Cup 2023 berkat kemenangan 1-0 (0-0) atas Liang Selection Fc. Gol tunggal Gemba dicetak Julfan .

Di Tarembal Matahari Tulehu, duel perempatfinal antara Gemba vs Liang Selection digelar pada Kamis (31/8) petang.

Kedua tim bermain terbuka sejak awal babak pertama. Laga baru lima menit, Liang Selection berhasil menjebol gawang Gemba Fc lewat kaki Muhajir Arbi setelah mendapat umpan matang dari Randy. Namun, asisten wasit mengangkat bendera pertanda Muhajir terjebak offside.

Liang kembali mendapat peluang emas di menit ke-12. Fandy Naya melepaskan bola tembakan jarak jauh mengarah ke gawang lawan, namun masih mampu ditepis kiper Zainal Angkotasan. 

Gemba balik mengancam lima menit berselang. Kali ini giliran Zulkarnain yang melakukan percobaan dari jarak jauh. Bola dapat diselamatkan kiper Liang Selection, Iman Subhan. 

Gemba nyaris mencetak gol di menit ke-24.  Muhammad Tuasikal menyambut bola crossing Fajar dengan tendangan voli yang belum menemui sasaran.

Lima menit berselang, giliran Liang Selection yang hampir memecah kebuntuan. Rizky mengirim bola langsung ke gawang yang diblok keluar oleh Angkotasan. 

Julfan mendapat kans emas dua menit sebelum babak pertama berakhir. Menerima umpan Salman, striker andalan Gemba itu menembak bola yang masih bisa digagalkan Subhan. Babak pertama ditutup dengan tanpa gol.

Keluar dari ruang ganti, kedua tim langsung saling berbalas serang. Tapi, tidak ada gol yang tercipta sampai menit ke-60. 

Keberuntungan pun berpihak kepada Gemba Fc. Striker Julfan sukses membobol gawang Liang Selection di menit ke-75 melalui bola tendangan jarak dekat, setelah terjadi kemelut di dalam kotak penalti lawan. Subhan tak mampu mengamankan bola usai disambar Julfan. Skor berubah 1-0.

Randy nyaris menyamakan kedudukan lima menit kemudian lewat bola tandukannya. Sayang, bola masih melebar ke sisi gawang Gemba Fc. 

Muhajir mengancam di menit ke- 87 via bola sepakan on target. Namun Angkotasan kembali menyelamatkan gawang Gemba dengan menepis bola keluar lapangan.

Liang Selection gagal mencetak gol penyeimbang hingga wasit Antoni Sarimole meniup pluit akhir pertandingan. Laga tuntas dengan kemenangan Gemba 1-0.

Dengan hasil ini, Gemba lolos ke semifinal Liga Amal Ina Latu Cup musim 2023. Amar Nahumarury Cs menunggu pemenang antara Benteng Fc kontra Hatuhuran Fc. 

Mukhlis Mony, Coach Liang Selection mengaku bahwa, anak-anak (pemain) sudah maksimal di laga hari ini. 

"Mereka sudah melakukan yang terbaik dan hasilnya seperti itu (1-0), " ungkapnya kepada media ini usai laga. 

Meski begitu, Mony juga mengaku kecewa dengan kepemimpinan wasit. Kenapa? karena gol di menit kelima itu tidak offside, sebab pemain muncul dari belakang. Tapi, dianulir oleh wasit. Ini yang membuat kami kecewa. 

"Keputusan wasit yang membuat mental pemain menurun dan akhirnya mereka harus tersingkir. Kedepan, kepemimpinan wasit harus lebih profesional sehingga hal seperti itu tidak terjadi. Inilah yang saya harapkan, " pungkasnya. 

Sumitro Sangadji, Coach Gemba Fc mengaku bangga atas hasil ciamik di perempat final ini. 

"Kemenangan ini berkat perjuangan seluruh pemain. Semoga tim ini bisa melangkah lebih jauh (masuk final) . Olehnya itu, semua pemain harus tetap fokus karena perjuangan belum berakhir," singkat Sangadji. (faisal lestaluhu)

  • Bagikan