Kalahkan Nusantara, Hurnala Pastikan Derby Sesama Tulehu di Semifinal Liga Amal

  • Bagikan

Ambon. AMEKS. FAJAR. CO. ID,-Tim Persenal Fc lolos ke semifinal Liga Amal Ina Latu Cup setelah menang 5-3 lewat babak adu penalti atas Nusantara Masohi Fc di Tarembal Matawaru Tulehu, Jumat (1/9) petang. Kemenangan Hurnala pastikan derby antar tim Tulehu.

Pemenang Persinal dan Nusantara, harus ditentukan ke babak ini setelah kedua tim bermain imbang 0-0 di waktu normal.

Persenal tampil menekan sejak peluit babak pertama dibunyikan wasit Robo Anggota. Namun Faisal Tuasamu (kapten Persenal) dan kawan-kawan gagal memberikan ancaman membahayakan ke gawang Nusantara Masohi hingga menit ke-15.

Pada menit ke-20 Nusantara Masohi mempunyai peluang emas mencetak gol. Namun Mahadi Sangaji gagal menjangkau bola hasil umpan lambung dari sisi kanan. Dua menit berselang melalui skema yang sama Nusantara Masohi gagal memanfaatkan peluang menjadi gol.

Kelengahan pemain Nusantara Masohi  dimanfaatkan Persenal dengan baik. Pasukan binaan Rudi Latuliu melakukan umpan lambung ke depan gawang lawan. Bola rebound hasil tepisan kiper jatuh ke kaki Muhamad Bayauw yang tak terkawal sehingga dengan leluasa melakukan tembakan ke gawang Nusantara Masohi, namun masih mampu ditepis kiper lawan. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai. 

Persenal langsung bermain agresif ketika babak kedua dimulai untuk menjebol gawang lawan. Sementara Nusantara Masohi harus bermain bertahan untuk menahan gempuran serangan pasukan Persenal. Meski ditekan, Nusantara Masohi mampu membahayakan gawang Persenal setiap mendapat peluang.

Persenal mencoba menciptakan peluang dari umpan lambung ke depan gawang Nusantara Masohi. Tuasamu beberapa kali memenangkan duel. Tetapi sundulannya selalu gagal bersarang ke gawang lawan.

Pada menit ke-69 Muhamad Bayauw hampir mencetak gol lewat skema tendangan bebas. Bola tembakannya masih mampu ditepis penjaga gawang Nusantara Masohi, Jasri.

Pada menit ke-81 Nusantara Masohi memiliki peluang unggul ketika Irfan mendapatkan umpan matang dari Ibrahim. Irfan kemudian melewati pemain belakang lawan. Sayang, tembakannya masih melebar ke sisi gawang Persenal, padahal dia sudah berhadapan dengan kiper Persenal, Alif. 

Persenal mencoba terus mencari gol kemenangan lewat umpan lambung ke area kotak penalti lawan. Namun hingga waktu normal berakhir skor bertahan 0-0 sehingga pemenang harus ditentukan dengan adu pinalti.

Di adu penalti, lima eksekutor Persenal, Faisal Tuasamu, Muhamad Bayauw, Sabil Bayauw, Ramdani Ohorella dan Kamarudin Lessy sukses melakukan tugasnya dengan sempurna. Adapun satu penendang Nusantara Masohi, Ibrahim Latupono tendangannya ditepis oleh kiper Persenal. Sedangkan Mahasiswa Sangadji, Ando Tuhumury dan Irfan Ode berhasil mengecoh kiper Persenal. 

Skor 5-3 menutup adu tos-tosan.Persenal pun melaju ke semifinal untuk menerima tantangan dari tim Tulehu Putra. 

Rudi Latuliu, Coach Persenal Fc merasa bersyukur karena berhasil memetik kemenangan hari ini. 

"Bagi saya, laga ini sangat menegangkan karena tim lawan mempunyai kualitas pemain mumpuni. Tapi kami bisa memenangkan laga ini, " tutur Rudi kepada media ini usai laga. 

Menurut Rudy, di empat besar Persenal akan kembali meladeni salah satu calon juara, Tulehu Putra. 

"Laga semifinal nanti bisa dibilang laga yang sangat berat karena pemain Tulehu Putra mempunyai pengalaman dalam mengolah si kulit bundar. Apa pun hasilnya nanti, kita harus menerima dengan sportif. Saya hanya minta semua pemain agar tetap fokus dan fokus untuk menatap laga semifinal, " demikian Rudi. 

Sementara itu, Halid Latuamury, Coach Nusantara Masohi Fc mengucapkan selamat kepada Persenal Tulehu. 

"Hari ini kami belum beruntung, semoga bisa maksimal lagi di event selanjutnya. Selamat buat Persenal," singkatnya. (CAL) 

  • Bagikan