Derby Tulehu Hanya Berakhir Imbang, Penentuan di Leg Kedua

  • Bagikan
Liga Amal
Tim Tulehu Putra kostum biru putih, dan Persenal hitam putih.

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID -Tim PS Tulehu Putra tidak berhasil meraih kemenangan saat menjamu Persenal Fc pada leg pertama semifinal Liga Amal Ina Latu Cup 2023.

Duel sesama tim dari Negeri Tulehu, di Tarembal Matawaru Tulehu, Salahutu, Maluku Tengah, Selasa (5/9) berakhir dengan skor kacamata alias 0-0. 

Tulehu Putra mendapat peluang dari sektor kiri Persenal pada menit kedelapan. Bola umpan Saiful disambut Salembe Ohorella. Namun, tandukan Salembe melambung di atas mistar gawang.

Lima menit setelahnya, giliran Persenal yang mendapatkan tendangan penjuru yang diambil Muhmmad Bayauw. 

Faisal Tuasamu yang berdiri bebas di depan kotak penalti melepaskan tembakan voli, tetapi tendangannya mengarah ke atas gawang Tulehu Putra. 

Memasuki menit ke-24, Rizky mendapat umpan terobosan. Namun, tendangannya mengenai kaki pemain lawan dan bola lantas berhasil ditepis kiper Tulehu Putra, Andika Tuasalamony. 

Tuasamu kembali mendapatkan peluang untuk membuka keunggulan Persenal pada menit ke-29. Akan tetapi, tembakannya dari luar kotak penalti melebar di sisi kiri gawang.

Tuasamu kembali mengancam pertahanan Tulehu Putra. Namun, upaya Tuasamu lagi-lagi belum berhasil membawa Persenal unggul usai tendangannya diblok pemain.

Peluang emas didapat Sabil pada menit ke-35. Menerima umpan dari Kamaridun, Sabil yang berada di depan gawang melepaskan tendangan yang masih bisa ditangkap Andika. 

Tak lama berselang, Anak-anak Tulehu Putra juga mendapat kesempatan untuk menjebol gawang lawan. Namun, sundulan Salembe berhasil diblok oleh kiper Persenal, Alif. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Babak kedua berjalan dengan tempo lebih tinggi. Kedua kesebelasan silih berganti mencoba mengatur serangan, tetapi belum ada peluang berarti yang tercipta hingga memasuki menit ke-70. 

Tulehu Putra mendapatkan peluang pada menit ke-78 melalui tendangan Saiful Lewenussa dari tengah lapangan usai menerima bola dari Zul. Tetapi, bola hasil tembakan Saiful ditepis kiper Persenal. 

Menit ke-82, Kamarudin melepaskan tembakan dari sisi kiri kotak penalti, tetapi tendangannya masih terlalu tinggi. 

Persenal nyaris mencetak gol pada injury time andai tendangan Muhamad Bayau tidak ditepis oleh kiper Tulehu Putra. 

Tidak ada gol yang tercipta selama 90 menit pertandingan. Derby Haturessy   pun berakhir dengan skor 0-0.

Rudi Latuliu, Coach Persenal Fc mengatakan, skor imbang itu cukup bagus bagi kami meskipun anak-anak lebih dominan dalam penguasaan bola. 

"Semua berjalan sesuai arahan pelatih, namun ada beberapa kelemahan, salah satunya finising dari pemain depan. Kekurangan inilah yang akan kami benahi sebelum turun di leg kedua nanti, " terang dia.(CAL) 

  • Bagikan