Dalam 24 Jam, Tiga Rumah Terbakar di Kebun Cengke dan OSM

  • Bagikan
kebakaran kebun cengke
Kebakaran yang terjadi di OSM, Selasa (3/10/2023) pagi. (Foto: Humas Polresta Ambon)

Ambon,AMEKS.FAJAR.CO.ID.- Dalam kurun waktu 16 jam, Tiga unit rumah warga di kota Ambon, Maluku ludes terbakar di wilayah Kecamatan Sirimau dan Nusaniwe. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian meteril ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Awalnya di Kebun Cengke, Kecamatan Sirimau. Kejadiannya, Senin (2/10/2023) sore, pukul 16.40 WIT, rumah milik seorang wanita janda bernama, Heniati Patti, ludes terbakar.

Hasil penyelidikan Kepolisian di lokasi kejadian diduga penyebab kebakaran akibat arus listrik pendek. Berselang 16 jam kemudian, kebakaran rumah warga terjadi lagi.

Kejadiannya, di Kecamatan Nusaniwe, Selasa (3/10/2023) pagi tadi. Insiden yang terjadi sekira pukul 08.00 WIT mengakibat Dua rumah warga OSM, Kelurahan Wainitu juga ludes terbakar.

Pemilik rumah, Jacob Manuputty, seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil dan Margareth Wattimena yang merupakan PNS masih aktif.

"Penyebab kebakaran akibat Kompor yang terbalik dengan posisi masih menyala mengakibatkan tumpahan minyak menyebar dan membakar seluruh bangunan rumah," jelas Ipda Janet Luhukay.

Kasi Humas Polres Kota (Polresta) Ambon dan Pulau-pulau Lease ini menjelaskan konologis kejadian, berdasarkan penuturan, Dominggas Saliama (istri dari Jacob Manuputty) kepada pihak kepolisian, kata Janet, Usai mencuci peralatan makan di dapur, sempat terkejut melihat Kompor Minyak yang sebelumnya digunakan untuk merebus air minum telah terjatuh ke lantai.

"Dengan posisi kompor masih dalam keadaan menyala, dengan spontan saksi pun mencoba melakukan pemadaman api secara manual, namun nyala api semakin membesar, di akibatkan tumpahan minyak dari kompor merambat ke karton kosong dan kain pintu sehingga cepat terbakar dan merambat ke semua sisi rumah," kata Janet, menjelaskan kronologis kejadian berdasarkan hasil penyelidikan polisi di lokasi kejadian.

Saksi pun, kata Janet, sempat memutuskan sekring listrik dan langsung bergegas menyelamatkan suaminya (Jacob Manuputty) yang sementara sakit. Posisi suaminya masih berada di dalam kamar untuk keluar menyelamatkan diri.

" Dan meminta pertolongan warga sekitar untuk memadamkan nyala api dengan alat seadanya ,namun nyala api semakin membesar dan merembet ke bangunan rumah sebelah tepat pada salah satu kamar yang berada di lantai dua," jelas Janet, lagi.

Pada Pukul 08.25 Wit, Kapolsek Nusaniwe Iptu Johan Anakotta bersama personil tiba di lokasi kebakaran, dan langsung mengamankan lokasi kejadian. Mereka membantu melakukan pemadaman api secara manual serta membantu melancarkan jalur menuju lokasi TKP.

Dalam 24 Jam, Tiga Rumah Terbakar di Kebun Cengke dan OSM" Ada Tiga unit mobil Dinas Pemadam Kebakaran dukerahkan memadamkan api. Dan sekitar jam 09.30 seluruh eluruh bangunan yang terbakar berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran rumah yang menimpah keluarga Jacob Manuputty dan ibu Margaretha," demikian Janet.(Elias Rumain)

  • Bagikan