Jongen Matakena Resmi Jabat Danyonif 733/Masariku

  • Bagikan
Pangdam Pattimura

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Syafrial, Rabu (15/11/2023) memimpin acara serah terima jabatan (Sertijab) sejumlah pejabat Kodam. Salah satunya yang dilantik, adalah putra Maluku Letkol Inf Julius Jongen Matakena.

Letkol Inf Julius Jongen Matakena ditunjuk sebagai Danyonif 733/Masariku. Dia menggantikan Letkol Inf Nugroho Noto Susanto S.Hub INT. Selain Letkol Matakena sejumlah pejabat Kodam XVI Pattimura juga begeser dari jabatan sebelumnya.

Pejabat yang disertijab yakni, Kakudam XVI Pattimura dari Kolonel CKU Bambang Eko Wahyudi, kepada Kolonel CKU Jaka Supriyanta,Danpomdam XVI/Pattimura dari Kolonel Cpm Andi Sukawati, kepada Letkol CPM Sutrisno, Kakumdam XVI Pattimura dari Kolonel Chk Maulana Kurnia Darmawan kepada Letkol CHK Dr. Syamsoel Hoeda, Danyonif 733/Masariku dari Letkol Inf Nugroho Noto Susanto S.Hub INT kepada Letkol Inf Julius Jongen Matakena, Serta penyerahan jabatan Kasetumdam XVI Pattimura oleh Pangdam kepada Letkol Kav Widi Widayat.
 
Sedangkan pejabat yang mengikuti tradisi penerimaan yaitu, Pamen Ahli Bidang Hukum dan Humaniter Kolonel Arm Dodi Diantoro, Pamen Ahli Bidang OMSP Kolonel Inf Abdullah Jamali, Pamen Ahli Bidang Ideologi Politik Kolonel Kav Dino Martino, Dandim 1501 Ternate Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono, Dandim 1512 Weda Letkol Inf Nugroho Noto Susanto S.Hub INT.
 
Penyerahan jabatan ditandai dengan penyematan tanda jabatan, serta pengisian buku korps raport, tradisi penciuman Pataka Kodam XVI/Pattimura Lawamena Haulala, penyerahan Tunggul Batalyon Infanteri 733/Masariku Cepat Senyap Tepat, penyerahan tongkat komando dari pejabat lama ke pejabat baru.
 

Pangdam dalam arahannya, mengatakan Jabatan identik dengan tanggung jawab, produktivitas kerja, tapi tidak identik dengan kesejahteraan secara materi. Semakin tinggi jabatan, maka diikuti dengan dengan besarnya tanggungjawab yang diemban.

Hal ini ditegaskan Ditegaskan Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Syafrial, Rabu (15/11/2023) saat memimpin acara serah terima jabatan (Sertijab), penyerahan jabatan, dan tradisi satuan penerimaan serta pelepasan pejabat Kodam XVI Pattimura, di lapangan Mako Yonif 733/Masariku, Waiheru, Kecamatan Baguala,

Dalam kesempatan itu, jenderal TNI bintang dua ini mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pejabat lama atas pelaksanaan tugas dan dedikasinya terhadap Kodam XVI Pattimura, serta istri yang telah setia mendampingi dan mendukung tugas suaminya.
 
Kemudian para pejabat baru, Pandam ucapkan selamat bertugas, dan segera mempelajari tugas dan tanggung jawab serta melakukan orientasi, komunikasi dan koordinasi dengan semua unsur untuk mendapatkan informasi dan masukan, sehingga dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi wilayah Kodam XVI Pattimura.
 
"Harus berani mengambil ambil keputusan yang cepat dan tepat dalam mengatasi setiap permasalahan di Satuan. Tanamkan prinsip bekerja dengan hati, lakukan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas," tutur Pangdam
 
Upacara sertijab ini turut dihadiri Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, Irdam XVI Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaepul M. Ginanjar, Danrem 151 Binaiya Brigjen TNI Aminton Manurung, para Asisten, Kabalak dan Dansat jajaran Kodam XVI Pattimura. (elias rumain)

  • Bagikan