Pemkot Ambon Jamin Stok Air Bersih Aman Bagi Masyarakat

  • Bagikan
air bersih
Pejabat Walikota Ambon saat memberikan sambutan dalam Natal bersama PDAM Kota Ambon. (Foto: Jardin/ameks)

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah kota Ambon akan bertanggung jawab melayani masyarakat untuk memastikan bahwa seluruh kebutuhan masyarakat itu bisa terpenuhi, termasuk ketersediaan air minum.

Untuk itu, Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) ini hadir dan dibentuk oleh Pemerintah untuk memastikan bahwa tanggung jawab pemerintah menyediakan ketersediaan stok air bersih kepada masyarakat itu, aman dan dapat terpenuhi.

Pernyataan itu di sampaikan Penjabat Walikota Ambon, Boedewin Wattimena saat kegiatan perayaan Natal Yesus Kristus tahun 2023 yang di selenggarakan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang berlangsung di Hotel Santika, Kota Ambon, Rabu (13/12/2023) malam.

Kenapa ini penting, kata Wattimena, mari secara objektif melihat bahwa sampai saat ini belum semua warga Kota Ambon bisa kita layani kebutuhan air bersihnya. Kecuali wilayah layanan PDAM dan DSA dan ini akan menjadi tanggung jawab penyedia air bersih.

Dia menyatakan, yang lebih parah lagi adalah dikantong-kantong kemiskinan di Kota Ambon itu banyak, ada di daerah pegunungan itu sama sekali belum tersentuh dengan ketersediaan air bersih. Ini akan memperparah kemiskinan itu sendiri, termasuk keterparahan stunting dan lain-lain, ini menjadi kerja keras kita bersama selaku pemerintah untuk mengatasinya

Untuk di tempat-tempat yang belum mampu dijangkau dengan layanan air bersih, Pemkot Ambon beli mobil tangki saja. Mobil tangki sekitar 2 atau 3 untuk setiap harinya tugas mobil tangki itu menyuplai air bersih di tempat-tempat yang belum ada atau belum terfasilitasi dengan baik oleh air bersih.

"Kalau tidak maka masyarakat yang sudah miskin mereka harus mencari uang paling tidak Rp200.000 sampai Rp250.000, itu mungkin dalam dua minggu untuk membeli air bersih, lalu mereka mau beli susu untuk anak-anak mereka dengan apa. Mereka mau beli ikan sayur dan makanan yang 4 sehat 5 sempurna untuk mereka makan bagaimana", cetusnya.(jardin papalia)

"Kalau tidak maka masyarakat yang sudah miskin mereka harus mencari uang paling tidak Rp200.000 sampai Rp250.000, itu mungkin dalam dua minggu untuk membeli air bersih, lalu mereka mau beli susu untuk anak-anak mereka dengan apa. Mereka mau beli ikan sayur dan makanan yang 4 sehat 5 sempurna untuk mereka makan bagaimana", cetusnya.(JP)

  • Bagikan