Kandaskan Laimu, Pelauw Putra Dampingi Maluku FC ke Liga 3 Nasional

  • Bagikan
Maluku FC
Danlantamal IX/Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, didampingi Asprov PSSI Maluku Sofyan Lestaluhu menyerahkan Tropi jawara Liga 3 Zona Maluku kepada manager Maluku FC, Saidna bin Taher. (Dokumen dari Ecal/kalesang)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Pelauw Putra akhirnya mendampingi Maluku FC untuk mental Liga 3 Nasional, setelah kandaskan Mandala Laimu FC lewat laga menegangkan. Sementara Maluku FC keluar sebagai jawara setelah mengemas 15 point dari lima kali kemenangan.

Maluku FC bermain tampa draw, dan hanya kalah sekali dari Pelauw Putra dengan skor 3-1. Sementara laga pamungkas di Lapangan Lease Lantamal IX Halong, Ambon, Sabtu (16/12/2023) sore, Pelauw mengalahkan Mandala Laimu 3-2.

Sementara itu dalam pertandingan sebelumnya di hari yang sama, Maluku FC berhasil mematahkan perlawanan Dolorosa FC 2-0. Dolorsa menempati juru kunci, tanpa mengemas satupun point.

Pertandingan ke-4 tim kebanggan Maluku itu berlangsung seru, disaksikan secara langsung Ketua Asprov Maluku, Sofyan Lestaluhu, dan Danlantamal IX/Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina.

Lestaluhu mengatakan, walaupun pertandingan ini hanya diikuti empat tim, namun telah memberikan warna tersendiri bagi Asprov PSSI Maluku.

Kompetisi ini, kata dia, merupakan urat nadi di dalam sepak bola, sehingga tugas Asprov sebagai regulator untuk melaksanakan kompetisi. Hasilnya, keempat tim mampu menunjukan kualitas permainan yang cukup baik.

Lestaluhu menilai, dalam laga tersebut, Pelauw Putra bisa mengimbangi permainan Maluku FC, dan Mandala Laimu juga memberikan perlawanan yang cukup atas Pelauw Putra.

“Berdasarkan pengamatan saya selama pertandingan ini, memang otomatis diakui bahwa Maluku FC masih yang terbaik, walaupun sempat kalah dari Pelauw Putra , tapi Maluku FC masih bisa mempertahankan dan punya kualitas permainan dan bisa terus keluar sebagai juara. Maluku FC dan Pelauw Putra akan mengikuti putaran nasional nantinya di pulau Jawa,” ungkap Lestaluhu.
Untuk menuju Putaran Nasional Liga 3 nantinya, lanjut Lestaluhu, Asprov PSSI Maluku masih menunggu edaran resmi dari PSSI untuk putaran nasional yang kemungkinan keluar di bulan Januari atau Maret 2024 mendatang.

“Jadi di range waktu itu, i tim Maluku FC dan Pelauw Putra bisa melakukan persiapan untuk bertanding di Pulau Jawa yakni, Jawa Tengah atau Jawa Timur. Dua tim ini langsung masuk liga 3 nasional,” ungkap dia.

Jadi yang juara-juara tingkat provinsi akan bertanding di babak nasional. Kata Lestaluhu, ada kurang lebih 60 Tim akan bertanding di tingkat nasional.

Lestaluhu juga sangat optimis, Tim Maluku FC dan Pelauw Putra mampu mewakili Maluku berkompetisi di Liga nasional, karena cukup bagus dan punya kualitas.(yani)

  • Bagikan