31 Pejabat Ikut Seleksi Posisi Kepala Dinas di Pemkab Malteng

  • Bagikan
Pemkab Malteng
Sebanyak 31 pejabat ikut seleksi untuk posisi Kadis, Insepktorat, dan Kepala Badan di Pemkab Malteng. (djen wasolo/ameks)

MASOHI, AMEKS.FAJAR.CO.ID. - Sebanyak 31 Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama ikut seleksi uji kompetensi mutasi atau rotasi Kepala Dinas, Badan dan Inspektorat di lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Rabu (27/12).

Seleksi berlangsung di Auditorium lantai III Kantor Bupati Malteng. Pejabat Sekda Malteng Jauhari Tuarita membuka seleksi terbuka mewakili Pejabat Bupati Malteng, Rakib Sahubawa .

Sebelumnya, seleksi tersebut telah memperoleh Persetujuan/ Rekomendasi dari Menteri Dalam Negeri RI dengan Surat Nomor 100.2.2.6/8837/OTDA Tanggal 15 Desember 2023.

Selain itu seleksi juga sudah mendapat persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara RI melalui Surat Wakil Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara RI dengan Nomor 4743/JP.00.01/12/2023 Tanggal 18 Desember 2023. B-4743/JP.00.01/12/2023.

Penjabat (Pj) Sekertaris Daerah Jauhari Tuarita, mengatakan bahwa JPT Pratama merupakan jabatan yang strategis dalam instansi pemerintah.

Hal itu berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, JPT berfungsi memimpin dan memotivasi setiap pegawai ASN pada instansi pemerintah melalui kepeloporan, pengembangan kerjasama dengan instansi lain, keteladanan dalam mengamalkan nilai dasar ASN, serta melaksanakan kode etik dan kode perilaku ASN.

"Mengingat pentingnya peranan JPT pratama tersebut dan pejabat yang kami serahkan amanah tersebut untuk membantu kami dibidang tugasnya masing-masing, selanjutnya kami selaku Pejabat Pembina Kepegawaian, yang mempunyai kewenangan menetapkan pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian Pegawai ASN, kami menaruh perhatian khusus terhadap para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemda Malteng," ujarnya.

Uji kompetensi, menurut dia, dilakukan untuk mengetahui secara keseluruhan konsistensi dan kompetensi ASN yang menduduki JPT Pratama. Uji kompetensi yang dilakukan ini juga merupakan bagian dari bahan evaluasi dari pelaksanaan kinerja.

Hasil uji kompetensi ini selanjutnya dijadikan bahan pertimbangan dalam pelaksanan rotasi dan mutasi. Untuk itu, saya berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sunguh-sungguh sehingga memperoleh hasil yang maksimal dan akurat.

Kedepan aparatur pemerintah Malteng akan mampu memberikan warna indah dan pendorong terciptanya kesuksesan pelaksanaan berbagai program pemerintahan, pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Disamping itu, saya juga meminta kepada para peserta agar terus meningkatkan kemampuan teknis dan spesialisasi yang dimiliki, kemampuan kompetensi manajerial dalam memimpin organisasi serta meningkatkan kompetensi sosial cultural yang berkaitan dengan etika dan moral, sebab tantangan birokrasi kedepan semakin berat.

Untuk itu, dibutuhkan Pejabat yang memiliki kemampuan akselerasi kerja, kemampuan kreativitas, dan inovasi kerja untuk mewujudkan Maluku Tengah yang lebih maju dan sejahtera.

Dalam seleksi Uji Kompetensi ini Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang mengikuti adalah sejumlah 31 (tiga Puluh satu) orang.
Adapun ke-31 orang Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama adalah sebagai berikut:

  1. Inspektur.
  2. Kepala Dinas Sosial
  3. Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik
  4. Kepala Dinas Perpustakaan
  5. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah
  6. Kepala Badan Pendapatan Daerah
  7. Assiten Administrasi Umum
  8. Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil
  9. Assisten Perekonomian dan Pembangunan
  10. Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja.
  11. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga
  12. Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP
  13. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman
  14. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura
    15.Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  15. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang 17.Kepala Dinas Kesehatan
  16. Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan 19.Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana
  17. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah 21.Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian 22. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja
  18. Kepala Dinas Perikanan
  19. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
    25.Kepala Dinas Lingkungan Hidup 26.Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah
  20. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika
  21. Kepala Dinas Perhubungan
  22. Kepala Dinas Ketahanan Pangan
  23. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Negeri, Perempuan dan Perlindungan Anak
  24. Kepala Dinas Pendidikan dan Kabudayaan. (djen wasolo)
  • Bagikan