1.000 Personil di Dua Desa Di Leihitu Amankan Kegiatan Ini

  • Bagikan

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID.— Perayaan tradisi pukul Sapu di desa Mamala dan Morela, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Polresta Kota Ambon dan Pulau-pulau Lease kerahkan 1.000 personil gabungan lakukan pengamanan.


Hal itu disampaikan Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kombes Pol. Driyano Andri Ibrahim, dikonfirmasi kesiapan pengamanan perayaan tradisi pukul Sapu yang akan dilangsungkan, Selasa (16/4/2024).


”Kita melibatkan kurang lebih 1000 personil terdiri dari personil gabungan anggota Polresta Ambon, Polsek jajaran, satuan Brimob Polda Maluku, Direktorat Samapta Polda Maluku, termasuk dukungan dari TNI dan Pemerintah daerah yang juga akan menurunkan anggota Satpol-PP sebagai penebalan perkuatan pengamanan,” ujar Driyano kepada Ameks.Fajar.Co.Id, Senin (15/4/2024).
Lebih lanjut dikatakan, Minggu (14/4/2024).

Untuk memastikan pengamanan, Kapolresta sudah langsung melakukan pengecekan persiapan pelaksanaan tradisi Adat 7 Syawal (Pukul Sapu) itu di Negeri Mamala dan Negeri Morella.


Kapolresta Ambon, juga telah melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat, yakni Raja Negeri Mamala M. Ramli Malawat di dampingi Ketua Saniri Negeri serta Panitia Acara. Kemudian, Raja Morella Fadil Sialana didampingi Staf Negeri Morella.


Saat pertemuan, Kapolresta, meminta Raja, Tokoh agama, Perangkat adat serta Para Tokoh Pemuda dan seluruh elemen masyarakat untuk selalu mendukung dan menjalin hubungan kerjasama yang baik, dengan pihak Kepolisian.


"Saya berharap acara tradisi pukul sapu yang sudah menjadi Icon Maluku tetap dapat dilestarikan dan terus terselenggara, namun tentunya harus dapat menaikkan citra Maluku dan memberikan gambaran ke masyarakat luas bahwasanya Maluku adalah daerah yang nyaman, indah dan penuh kedamaian,” pesannya.


Kapolresta Ambon, juga mengingatkan agar hal-hal berkesan tidak baik dan negatif harus dihilangkan untuk menghindari stigma buruk di tengah tengah masyarakat tentang Maluku.


” Untuk itu, mari kita menjaga situasi dan kondisi agar tetap aman dan kondusif khususnya situasi di wilayah Mamala dan Morella termasuk di seluruh wilayah Jazirah Leihitu dan sekitarnya,” demikian Kapolresta. (Elyas Rumain).

  • Bagikan