Satu Rumah di Kebun Cengkih Terbakar, Pemiliknya Terjebak dan meninggal

  • Bagikan
Batumerah
Rumah yang terbakar di BTN Kebun Cengkih. (Foto: Humas Polresta Ambon)

Ambon,AMEKS.FAJAR.CO.ID.- Satu penghuni rumah meninggal dunia, karena terjebak api. Kebakaran yang terjadi di kawasan BTN Kebun Cengkeh, Blok C1 RT 003 RW 015, Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon ini, diduga karena arus pendek.

Kebakaran terjadi pada Selasa (16/4/2024), pagi sekira pukul 04.30 WIT. Mariam Basalama, wanita berusia 63 tahun, pensiunan Pegawai Dinas Pariwisata Provinsi, meninggal dunia dalam kondisi tubuhnya terbakar.

" Iya, satu korban meninggal dunia, pemilik rumah," ujar Kasi Humas Polres Kota Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Janete Luhukay.

Menurut Janete, hasil penyelidikan sementara dari keterangan saksi Andi Rumbaru yang mendengar suara percikan. Saksi langsung berlarian dari arah dapur ke depan rumah. Dia saksi melihat api sudah berada tepat di atas seng (genteng) rumah korban.

Saksi langsung ke rumah korban untuk membangunkan korban dari luar pagar. Namun tidak ada jawaban sama sekali dari arah rumah korban. Dia melihat api sudah melahap ruang tamu korban.

Menurut saksi, kata Janete, dia tidak dapat masuk ke dalam rumah korban. Saksi hanya bisa berteriak untuk meminta pertolongan kepada warga sekitar.

Sekira pukul 05.30 WIT, Enam unit mobil pemadam kebakaran pemkot Kota Ambon bersama personil Polsek Sirimau tiba di TKP dan langsung bersama-sama dengan warga setempat memadamkan api dan melakukan Pendingan di TKP.

" Jadi untuk penyebab kebakaran berawal dari tiang kabel yang berada tepat di atas seng (genteng) rumah milik korban yang mengalami korsleting. Kemudian terjadinya kebakaran," kata Janet.

Kerugian material seluruh bangunan rumah hangus terbakar di perkirakan kerugian ratusan juta rupiah.

" Sementara jenazah akan di semayamkan di BTN Kanawa (di rumah keluarga korban) dan akan di lakukan pemakaman di mangga . Keluarga menolak untuk dilakukan autopsi," demikian Janete.(Elyas Rumain)

  • Bagikan