Manfaat Luar Biasa BPJS Kesehatan: Pengalaman Alex L Ruhulessin

  • Bagikan
BPJS Kesehatan
Alex Ruhulessin

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Alex L Ruhulessin, seorang peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), telah merasakan banyak manfaat dari keanggotaannya dalam Program JKN.

Ketika berkunjung ke Kantor Kabupaten Maluku Tengah BPJS Kesehatan, Alex berbagi pengalaman positifnya. "Saya menjadi Peserta Program JKN sejak tahun 2022. Dari tahun itu, saya selalu memanfaatkan layanan kesehatan dengan menggunakan kartu JKN,” ungkap Alex dalam keterangan pers yang diterima media ini.

Salah satu kebiasaan Alex adalah memanfaatkan layanan kesehatan di Puskesmas Amahai, Daerah Kabupaten Maluku Tengah. Menurutnya, pelayanan yang diterima di sana sangat baik dan ramah.
“Tenaga medis dan tenaga non-medis di Puskesmas Amahai sangat ramah dan sigap. Ketika ada hal yang kurang jelas, dokter selalu memberikan penjelasan dengan baik dan detail,” tambahnya.


Pada suatu saat, Alex mengalami gejala yang mengkhawatirkan terkait dengan kesehatannya. Setelah berkonsultasi dengan keluarga, mereka memutuskan untuk membawa Alex ke Puskesmas Amahai. Di sana, setelah pemeriksaan awal, ia dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Masohi (RSUD Masohi), dan kemudian ke Rumah Sakit Siloam Ambon.


Di RS Siloam Ambon, Alex didiagnosa mengalami kanker prostat. Namun, ia merasa puas dengan pelayanan yang diberikan di sana, tanpa biaya tambahan selama menjalani pengobatan.
“Saya berterima kasih kepada peserta JKN yang membantu sesama dengan membayar iuran secara rutin. Semoga Program JKN terus berlanjut,” ujarnya.


Kanker prostat adalah kanker pada pria yang berkembang di dalam kelenjar prostat, dan umumnya ditandai dengan gangguan buang air kecil. Sebagian besar penderita kanker prostat berusia di atas 60 tahun.

Kanker ini tidak bersifat agresif dan berkembang secara perlahan. Prostat adalah kelenjar kecil yang terletak di bagian dasar kandung kemih. Kelenjar ini merupakan bagian dari sistem reproduksi dan posisinya mengelilingi saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke penis.


Alex meminta, agar Program JKN ini terus berlangsung walaupun akan ada pergantian pemerintahan.
Program JKN ini sangat dirasakan manfaatnya, apalagi seperti dirinya yang harus terus berobat dengan rutin. Semoga Program JKN ini tetap ada dan berkelanjutan walaupun terdapat pergantian Presiden dan Wakil Presiden, harap Alex.

"Saya berharap pelayanan kesehatan maupun pelayanan lainnya dalam program JKN ini tetap baik dan ditingkatkan serta bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Untuk masyarakat yang belum mendaftar, agar segera mendaftar dan jangan lupa membayar iuran secara tepat waktu dan tepat jumlah," pungkasnya. (Leonardo)

  • Bagikan