Adu Kuat Rebutan Kursi Penjabat Bupati Malteng, Kemendagri Terima Usulan DPRD dan Gubernur

  • Bagikan
penjabat bupati malteng
Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Setelah diusulkan DPRD Maluku Tengah sebagai satu dari tiga calon penjabat Bupati, Rakib Sahubawa juga diusulkan Gubernur Maluku Murad Ismail untuk jabatan yang sama. Sementara Muhammat Marasabessy yang masih menjabat Bupati Malteng, dikabarkan hanya diusulkan DPRD.

Informasi ameks.id, masuknya Rakib Sahubawa dalam daftar tiga nama calon penjabat Bupati Malteng yang diusulkan Gubernur Maluku, setelah didorong oleh salah satu anggota DPRD Maluku. Siapa namanya, sumber ini enggan menyebutnya.

“Ada anggota DPRD Maluku yang mendorong nama ini. Jadi jagoannya dari usulan Gubernur, ada Jais Ely, dan Rakib Sahubawa. Sudah ada tiga namanya,” ungkap sumber ini, Senin (14/8/2023).

Tiga nama itu, masing-masing, Jais Ely yang kini menjabat Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Rakib Sahubawa Sekda Malteng, dan Yahya Kota yang kini menjabat Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Maluku.

Sementara tiga nama usulan DPRD Maluku Tengah, masing-masing Muhammat Marasabessy yang kini masih penjabat Bupati, Rakib Sahubawa, dan Bob Rahmat Kepala Bapplitbangda Kabupaten Maluku Tengah.

Sesuai aturan, usulan DPRD Maluku Tengah maupun Gubernur Maluku akan diteliti kembali oleh Kementerian Dalam Negeri setelah pengusulan. Untuk penjabat Malteng akan berakhir masa jabatan pada September 2023 mendatang.

Informasi yang diperoleh ameks.id, Gubernur Maluku Murad Ismail berharap, Achmad Jais Ely bisa ditunjuk menggantikan Muhammat Marasabessy sebagai penjabat Bupati.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda Kemendagri) Akmal Malik, seperti ditulis detik.com, menyampaikan jumlah usulan pejabat kepala daerah yang berakhir September 2023, ada 10 provinsi, 56 kabupaten, dan 19 kota yang masa jabatannya berakhir pada September 2023.

Usulan yang sudah Masuk:

Provinsi:

  • Usulan DPRD: 9

Kabupaten:

  • Usulan Gubernur: 53
  • Usulan DPRD: 54

Kota

  • Usulan Gubernur: 19
  • Usulan DPRD: 19

Usulan ditutup pada 9 Agustus lalu. Akmal belum mengetahui jumlah anggota TNI dan Polri aktif yang diusulkan menjadi penjabat kepala daerah. Nama-nama belum direkapitulasi.

"Nama-nama itu kan sudah diumumkan oleh masing-masing DPRD provinsi dan kabupaten/kota yang mengusulkan," kata Akmal.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan, juga seperti ditulis detik.com, menjelaskan proses pengusulan penjabat kepala daerah sudah dilaksanakan sesuai ketentuan. Proses selanjutnya akan dikerjakan oleh Tim Penilai Akhir (TPA).

"Untuk selanjutnya akan dilakukan verifikasi dan pembahasan/penilaian lebih lanjut pada sidang pra-TPA dan TPA," kata Benni.

Soal siapa saja nama-nama kandidat yang diusulkan menjadi penjabat, DPRD dan pemda masing-masing sudah menyampaikannya ke publik. Demikian kata Benni. Saat ini Kemendagri sedang melakukan kompilasi.(ameks/detik.com)

  • Bagikan