Enam dari 22 Negeri di Ambon Belum Punya Raja Defenitif

  • Bagikan
Raja di Ambon
Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Kota Ambon, Alfian Lewenussa. (foto by antara)

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID -Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, terus berkomitmen untuk membuat semua negeri adat memiliki Raja definitif. Dari 22 negeri yang ada di Kota Ambon, kini tinggal enam saja yang masih berporses.

Kepala Bagian (Kabag) Pemeirntahan Kota Ambon, Alfian Lewenussa, kepada Ambon Ekspres Kamis (2/5) mengaku, sejauh ini hanya tinggal enam negeri saja yang belum memiliki Raja definitif.

“Enam negeri yang belum punya Raja definitif yaitu, Negeri Passo, Tawiri, Hative Besar, Rumatiga, Amahusu dan Negeri Silale. Selain dari itu semuanya sudah punya Raja definitif,”ungkapnya.

Untuk Negeri Hative Besar, lanjut Alfian, prosesnya hanya tinggal melahirkan raja saja, sebab Peraturan Negeri (Perneg) nya pun telah siap.

“Kalau di Rumatiga itu, masih ada dalam proses gugatan, dan tinggal satu tahapan yakni putusan Mahkama Agung. Kalau sudah keluar langsung kita eksekusi untuk pelantikan rajanya,”jelasnya.

Untuk Negeri Amahusu, Alfian mengaku, rancangan Pernegnya baru dikirim ke Bagian Pemerintahan. “Sudah kita lihat dan evaluasi tinggal kita berikan saja ke mereka,”katanya.

Lalu untuk Passo itu, putusan Mahkama Agung sudah inkra dan telah berprose, bahkan pihak Passo pun sudah memasukan perneg ke bagian pemerintahan.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Passo dan Amahusu kita kembalikan rancangan Pernegnya mungkin awal pekan depan. Kalau Silale, sampai sekarang belum ada pergerakan dari Saniri Negeri, dalam melakukan tahapan penetapan mata rumah parenta,”terangnya.(zainal patty)

  • Bagikan