BPJS Kesehatan Terus Tingkatkan Mutu Dan Kualitas Layanan di Maluku

  • Bagikan

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam berbagai aspek. Salah satunya adalah menghadirkan BPJS Keliling di daerah-daerah terpencil.

Hal ini juga dilakukan oleh BPJS Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) di Desa Uwen Pantai Kecamatan Taniwel Timur (Senin,28/08).

Kegiatan BPJS Keliling bertujuan untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang ingin memperoleh layanan administrasi kepesertaan, pengecekan dan pembayaran iuran, pemberian informasi serta penyampaian pengaduan langsung mengenai Program JKN.

Kepala Desa Uwen Pantai, Simon M. Lumamuly, mengapresiasi sekaligus berterima kasih dengan hadirnya BPJS Keliling di wilayah kerjanya.

Dirinya, senang lantaran banyak warga masyarakat Desa Uwen Pantai yang terbantu karena tidak lagi menempuh perjalanan jauh saat mengurus Kartu JKN.

“Saya mewakili seluruh masyarakat, kami berterima kasih sekaligus senang dengan adanya program BPJS Keliling di desa kami. Jarak tempuh ke kantor BPJS Kesehatan sangat jauh. Selain itu, biaya transport dan kondisi jalan yang rusak menyulitkan masyarakat untuk datang ke Kantor BPJS Kesehatan,” katanya dalam release yang diterima media ini.

Menurut Dia, dengan hadirnya BPJS Keliling, masyarakat yang berasal dari daerah lain dapat mendaftar. Diantaranya, dari Desa Uwen Pantai Desa Musihuwey, Desa Makububui dan Desa Tounussa.

"Saya berharap, BPJS Keliling dapat terus berlanjut sehingga semakin banyak lagi masyarakat yang terbantu dalam mengakses Program JKN," harapnya.

Salah satu Peserta segmen Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK), Elwin Talane (59), mengatakan, dirinya sangat terbantu dengan adanya Kegiatan BPJS Keliling ini.

"Sehingga, warga tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke kantor BPJS Kesehatan yang ada di kota Piru untuk mengurus administrasi kepesertaan JKN miliknya. Waktu tempuh yang dibutuhkan apabila ingin ke Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Barat yaitu empat jam perjalanan darat. Dengan kondisi tersebut, saya merasa senang sekali ketika melihat mobil BPJS Keliling datang ke Desa Uwen Pantai,” paparnya.

Salah satu masyarakat Desa Uwen Pantai, Novi Lesiela, mengatakan, dirinya sempat melakukan perubahan fasilitas Kesehatan melalui Kegiatan BPJS Keliling ini.

“Saya sadar dengan manfaat Program JKN ini sehingga saya ingin memastikan kembali keaktifan kepesertaan saya. Selain pengecekan keaktifan Kartu JKN, saya juga mau mengubah data fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) kami sekeluarga,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, Saiyed Abdul Gaffar Assaqqaf, mengatakan, Kegiatan BPJS Keliling ini dapat meningkatkan pemahaman peserta tentang program JKN serta dapat meningkatkan kepuasan peserta terkait Layanan JKN.

"Kegiatan BPJS Keliling ini sebagai salah satu terobosan bahwa Program JKN hadir bagi seluruh masyarakat sampai di pelosok desa-desa terpencil. Dengan adanya kegiatan ini, semoga tidak ada lagi masyarakat yang tidak paham tentang Program JKN," ungkapnya.

Lebih lanjut, adanya kegiatan ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi pandangan dan pengetahuan masyarakat tentang Program JKN.

Diketahui, pada kegiatan BPJS Keliling ini, Terdapat dua orang melakukan perubahan data dan 40 orang yang membutuhkan informasi mengenai Program JKN.

Selain ke Kantor BPJS Kesehatan dan BPJS Keliling, peserta Program JKN juga dapat melakukan pengurusan kepesertaan JKN, konsultasi, pengaduan, atau sekedar informasi diluar jam operasional kantor BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui playstore untuk smartphone berbasis Android ataupun appstore untuk iOS, Chika, Vika dan Pandawa serta pelayanan BPJS Kesehatan Care Center 165 yang beroperasi selama 24 jam. (leo)

Selain ke Kantor BPJS Kesehatan dan BPJS Keliling, peserta Program JKN juga dapat melakukan pengurusan kepesertaan JKN, konsultasi, pengaduan, atau sekedar informasi diluar jam operasional kantor BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui playstore untuk smartphone berbasis Android ataupun appstore untuk iOS, Chika, Vika dan Pandawa serta pelayanan BPJS Kesehatan Care Center 165 yang beroperasi selama 24 jam. (leo)

Diketahui, pada kegiatan BPJS Keliling ini, Terdapat dua orang melakukan perubahan data dan 40 orang yang membutuhkan informasi mengenai Program JKN.
Selain ke Kantor BPJS Kesehatan dan BPJS Keliling, peserta Program JKN juga dapat melakukan pengurusan kepesertaan JKN, konsultasi, pengaduan, atau sekedar informasi diluar jam operasional kantor BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui playstore untuk smartphone berbasis Android ataupun appstore untuk iOS, Chika, Vika dan Pandawa serta pelayanan BPJS Kesehatan Care Center 165 yang beroperasi selama 24 jam. (leo)

  • Bagikan