Demi Menunggu Sekda Maluku, Pendaftaran Pj Gubernur Diperpanjang?

  • Bagikan
DPRD Maluku
Ketua DPRD Maluku Benhur Watubun bersama Ketua dan Anggota Tim Penjaringan (Panja) Calon Pj. Gubernur Maluku saat memberitakan keterangan Pers di Sekretariat Panja terkait perpanjangan Waktu pendaftaran Calon Pj. Gubernur, Rabu (22/11/2023) malam.

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Sampai, Kamis (23/11/2023) pukul 00.00 WIT, Sekretaris daerah, Sadli Ie belum juga mendaftar. DPRD Maluku kemudian memutuskan perpanjang pendaftaran calon Penjabat Gubernur.

Muncul dugaan, perpanjangan masa pendaftaran ini, karena Sekda Maluku Sadli Ie tak kunjung mendaftar hingga Kamis dini hari. Namun DPRD berdalih, dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri, memberikan toleransi perpanjangan masa pendaftaran.

Sumber ameks.id menyebutkan, Sekda masih menunggu restu dari Gubernur Maluku Murad Ismail, yang saat ini sedang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait masa jabatannya.

"Kalau Pak Sekda daftar sekarang, maka dia sudah menampar muka Pak Murad yang saat ini mengajukan gugatan ke MK. Tapi kalau benar ia daftar di perpanjangan waktu ini, maka sudah ada restu dari Murad. Jadi kemungkinan perpanjangan ini hanya tunggu Pak Sekda saja untuk mendaftar, " sebut Sumber itu lagi.

Ketua DPRD Maluku Benhur Watubun mengatakan, perpanjangan waktu dilakukan karena dibolehkan berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Dijelaskan, batas waktu pengusulan nama dari DPRD ke Mendagri paling lambat tanggal 6 Desember 2023.

"Permendagri memberikan toleransi untuk perpanjangan waktu pendaftaran, sehingga dibuka lagi perpanjangan sampai Sabtu 25 November 2023 pukul 17-00 Wit," sebut Benhur.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan Yantje Wenno menambahkan jika perpanjangan waktu pendaftaran dilakukan sesuai ketentuan Permendagri, sehingga tidak masalah.

Diharapkan waktu perpanjangan masa jabatan ini, ada banyak peminat yang mendaftar terutama dari tokoh tokoh Maluku.

"Kita berharap selama perpanjangan waktu pendaftaran, ada tokoh-tokoh Maluku yang mendaftar lebih dari jumlah yang ada saat ini," tandasnya.

Sementara sampai Hari ketiga pendaftaran Calon Pj. Gubernur Maluku pada Rabu (23/11/2023) kemarin, Empat peserta sudah mendaftar yakni, Rektor Universitas Pattimura Ambon, Prof. Dr. M. J. Sapteno, SH. Kemudian rektor Institut Agama Islam (IAIN) Ambon Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin M.Si, Mayjen TNI AD Dominggus Abraham Pakel dan Wakil Ketua Komnas Perempuan RI, Olivia Salampessy/Latuconsina. (wahab)

  • Bagikan