Liga 3 dan Piala Soeratin Mulai Bergulir Hari ini Di Lantamal Halong

  • Bagikan
piala soeratin
Perwakilan tim saat mengikuti drawing Piala Soeratin dan Liga musim 2023.

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Liga 3 dan perebutan piala Soeratin untuk U-17, U-15, dan U-13 mulai digelar, hari ini Sabtu (2/12/2023) di Lantamal Halong pukul 15.30 WIT. Laga pembuka dilakoni Maluku Fc dan Pelauw Putra di Liga 3.

Sebelumnya, Asosiasi Provinsi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Asprov PSSI) Maluku gelar Managers Meeting serta Drawing Piala Soeratin U-17, U-15, U-13 dan Liga 3 musim 2023. Acara tersebut digelar di salah satu hotel ternama di Ambon, kemarin malam.

Dalam agenda itu, turut hadir perwakilan 24 Tim yang akan tampil di kompetisi resmi PSSI tersebut. Masing-masing tim melibatkan manager tim. Mereka  mendapat pembekalan terkait segala hal yang harus dilakukan dalam hal pelaksanaan pertandingan termasuk dengan semua aspek yang terkait.

Pada kesempatan ini juga dipaparkan poin-poin penting dalam kaitannya regulasi serta keamanan pertandingan oleh Komite Kompetisi Asprov. Tujuannya adalah mengantisipasi agar kejadian yang tidak diinginkan terjadi.  Asprov PSSI Maluku mengajak seluruh tim peserta untuk menjaga komitmen mendukung gelaran Piala Soeratin dan Liga 3 yang akan dipertandingkan mulai besok ini menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Piala Soeratin U-13, U-15 dan U-17 maupun Liga 3 zona Maluku ini merupakan rangkaian program kerja Aprov Maluku pada tahun 2023.

Menurut Sofyan Lestaluhu bahwa, salah satu poin dan untuk menjadi perhatian bagi seluruh insan sepakbola Maluku, baik klub, perangkat pertandingan, pemain, supporter untuk tunduk pada peraturan PSSI, Perpol, dan juga perundang-undangan yang berlaku.

"Saya ingatkan kepada semua yang terlibat dalam kompetisi ini agar nantinya saat penyelenggaraan kompetisi tidak ada lagi saling provokasi dan sebagainya,"  tutur Sofyan kepada media ini di sela-sela kegiatan. 

Sofyan pun menegaskan, semua peserta harus bersepakat bersama untuk menjaga keamanan dan hal ini tertuang di dalam regulasi kompetisi.

"Jika ada klub peserta melakukan kerusuhan baik dari suporter ataupun antar pemain dan official maka kita sepakat tim tersebut akan didiskualifikasi, sehingga ini akan menjadi efek jera, serta menjadi perbaikan kualitas kompetisi di Bumi Seribu Pulau ini, " tegas Sofyan

Di akhir pembicaraan, alumni UKI Jakarta ini berpesan bahwa, penyelenggaraan komperltis ini tidak sekadar memenuhi kewajiban untuk memutar kompetisi Piala Soeratin dan Liga 3 yang terintegrasi dengan PSSI saja, namun lebih dari itu diharapkan kompeaai ini sebagai wadah pemain muda untuk berkompetisi dari hasil latihan dan penggembangan yang selama ini kita dorong. Serta menjadi pengembangan SDM seperti pada sisi kepelatihan dan perwasitan.

"Mari kita semua jalankan kompetisi ini dengan tetap mengedepankan sportivitas, fairplay, serta sikap respect pada sesama pemain, official, perangkat pertandingan serta pada semua unsur yang terlibat pada pertandingan, ” tutup Sofyan. 

Pada sesi akhir acara Manager Meeting dilakukan Drawing untuk U17, U-15, U-13 dan Liga 3. Nantinya masing-masing juara akan mewakili Maluku di tingkat nasional. 

Berikut hasil Drawing Piala Soeratin U17 , U-15, U-13 dan Liga 3 zona Maluku. 

LIGA 3

Maluku Fc, Pelauw Putra, Mandala Laimu Fc dan Dolorosa Fc. 

SOERATIN U-17.

SSB Nusantara Masohi, Latulua Fc dan Leparissa Amalatu Fc. 

SOERATIN U-15

Grup A : SSB Halong Camp, Tulehu Fc, Tunas Inti, Alba Hatukau dan SSB Matahari. 

Grup B :  Pelauw Putra, SSB Fajar Mereka, SSB BMG dan SSB Waiselaka. 

SOERTAIN U-13.

Grup A : SSB Alba Hatukau, Kabarezsy, SSB Pamalona Bursel dan Solemata Tiap

Grup B : SSB Halong Camp, SSB BMG, SSB Matahari dan SSB Maihanu Putra. 

  • Bagikan