PDIP Diperkirakan Rebut Kursi Ketua DPRD Bursel

  • Bagikan
Kursi DPR Dapil Maluku

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Kursi Ketua DPRD Kabupaten Buru Selatan, yang saat ini di pegang Muhajir Bahta dari NasDem, terancam diambil alih kader PDIP pasca Pemilu 14 Februari 2024.

Suara partai besutan Megawati Soekarnoputri itu mendapatkan tiga kursi atau satu fraksi utuh dari tiga daerah pemilihan berbeda. Dari tiga dapil itu masing- masing menyumbangkan 1 kursi.

Dapil I Namrole Fena Fafan hampir saja menyumbangkan dua kursi, bila kerja tim pemenangan di dapil tersebut di perkuat lagi. Data yang dimiliki ameks.id, hasil perolehan suara sementara, PDIP pada tiga dapil itu sebanyak 5.063 suara.

Untuk Dapil I Namrole-Fena Fafan sebanyak 1.815 suara, Dapil II Waesama-Ambalau 1.548 suara dan Dapil III Leksula-Kepala Madan sebanyak 1.700 suara.

Hasil sementara ini membuat PDIP berpeluang mengambil alih pimpinan dewan. Hasil ini juga PDIP kembali menambah 1 kursi dari Dapil III Leksula Kepala Madan.

Saat Pileg tahun 2019 PDIP hanya mendapatkan 2 kursi. Satu kursi dari Dapil I Namrole- Fena Fafan dan 1 kursi dari Dapil II Waesama-Ambalau. PDIP sebelumnya pernah menjabat sebagai pimpinan DPRD Kabupaten Buru Selatan pada periode 2014-2019.

Saat itu pimpinan dewan dipegang oleh almarhum Arkilaus Solisa. Untuk kursi DPRD Provinsi Maluku, PDIP juga mendapatkan hasil yang memuaskan. Partai ini kemungkinan besar akan menempatkan dua orang wakilnya di DPRD Provinsi Maluku. (edi simaela)

  • Bagikan