Punya Empat Kursi, PKB Diincar Banyak Balon Walikota Ambon

  • Bagikan

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) jadi salah satu partai politik incaran para kandidat, baik untuk bursa Pemilihan Gubernur Maluku, maupun Walikota Ambon, karena jumlah kursinya yang cukup besar.

DPW PKB Maluku untuk Pemilu 2024 yang baru selesai, memiliki empat kursi di DPRD Maluku. Sementara untuk Kota Ambon, juga empat kursi. Partai yang dipimpin Basri Damis ini juga tak memasang kriteria ketat bagi para Bakal calon kepala daerah.

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Ambon melalui tim Desk Pilkada, resmi buka pendaftaran penjaringan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon pada, Senin (22/04/2024).

Kemarin, pendaftaran dibuka mulai tanggal 22 Mei hingga 27 April 2024. Ketua DPC PKB Kota Ambon Bahadin Karepesina mengatakan, pembukaan ini berdasarkan petunjuk Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB.

“PKB berikan kesempatan kepada kepada para putra putri terbaik yang mau mencalonkan diri sebagai Walikota dan Wakil Walikota untuk mendaftar,” ungkap Karepesina.

Secara internal, kata dia, ada beberapa kader internal yang juga di dorong seperti Habiba Pellu, Asmin Matdoan dan Kutni Tuhepaly. Namun tidak menutup ruang kepada bakal calon dari luar internal, untuk berproses saat mendaftar, karena penentuan Rekomendasi ada di DPP.

" Untuk PKB, setiap rekomendasi dikeluarkan dilihat berdasarkan hasil survei tingkat penerimaan setiap bakal calon di masyarakat,” jelas Karepesina, Senin kemarin.

Disebutkan ada beberapa bakal calon Walikota yang sudah membangun komunikasi untuk mendaftar, diantaranya Yantje Weno, Sandi Wattimena, Agus Ririmase dan Agustafo Latuheru.

Sedangkan untuk bakal Calon Wakil Walikota, Sekretaris MUI Maluku Manan Latuconsina dan Subhan Patimahu.

"Beberapa nama ini sudah bangun komunikasi dengan kita. Ada kader internal juga yang didorong, tetapi semua dilihat berdasarkan hasil survei dan kemampuan bakal calon saat uji kelayakan di DPP untuk diputuskan. Itu sebabnya, penjaringan dibuka kepada siapa saja yang mau mendaftar," katanya.

Hasil pemilu 2024, PKB memiliki 4 kursi di DPRD Kota Ambon, ini menjadi modal bagi partai besutan Muhaimin Iskandar itu, akan dilirik setiap bakal calon.

"Kita punya 4 kursi, jadi pasti dilirik oleh para bakal calon untuk mendaftar," tandasnya.

Ketua Desk PKB untuk Pilwalkot Ambon, Rijik Rahayaan menambahkan, para bakal calon dibolehkan untuk mewakili saat pengambilan formulir.
Namun saat pengembalian diharapkan langsung oleh calon bersangkutan.

"Pendaftaran kita buka dari pukul 09.00 sampai pukul 16-00 WIT.," ujar Rahayaan.

Anthony Gustaf Latuheru Mantan Sekretaris Kota dan Agus Ririmase Sekretaris Kota Ambon saat ini, bersamaan ambil formulir dihari pertama pembukaan pendaftaran.

Latuheru diwakili timnya. Sedangkan Agus Ririmase mendatangi langsung kantor DPC PKB Kota Ambon dibilangan Komplek Harapan Jaya, Gunung Melintang Ambon untuk mengambil formulir.

"Iya saya punya tim sahabat SAGU siang ini mereka ambil formulir di PKB Ambon," jawab Latuheru saat menjabat pesan konfirmasi media ini, Senin kemarin. (Wahab)

  • Bagikan