Pakar ITB Sebut Ekonomi Maluku Bakal Maju, Asal Bisa Lakukan Ini

  • Bagikan
pisang tongkat langit

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Ekonomi Maluku kedepan, akan berkembang dengan sangat pesat, asal bisa melek teknologi, dan lebih berinovatif. Dengan itu, perekonomian akan jauh bertembuh dengan memanfaatkan sumberdaya alam.

Hal ini disampaikan Ketua Kelompok Keahlian, Energi Sistem Pemroses Teknik Ilmiah, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung, Dr. Sanggono Adisasmito dalam sambutannya di Workshop Program Pengabdian kepada Masyarakat Skema Buttom Up Institut Teknologi Bandung.

Workshop ini bekerjasama antara ITB dan Universitas Pattimura, dengan temanya, “Upaya Pelestarian dan Pemanfaatan Pisang Tongka Langit Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Maluku.”

Workshop ini bertujuan untuk mengedukasi pemanfaatan serta pelestarian tanaman Pisang Tongka Langit, agar bisa menjadi salah satu komoditi pangan yang ekonomis bagi masyarakat di Provinsi Maluku.

"Sehingga melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatan nilai ekonomi bagi masyarakat Provinsi Maluku serta dapat berkolaborasi dengan pihak Universitas Pattimura maupun instansi terkait," kata Adisasmito.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Keamanan Pangan, Chairul Achmad Hurasan S.Hut, mengatakan, Pihak Pemerintah dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku mendukung penuh serta mengapresiasikan pengembangan tanaman Pisang Tongka Langit sebagai salah satu pangan lokal endemik Maluku.

"Dan berharap agar kedepannya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang ada di Maluku," jelasnya.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum. dalam sambutanya mengatakan, kegiatan ini sangatlah penting untuk dilakukan, mengingat sebagian besar masyarakat Maluku belum tahu banyak tentang manfaat serta kegunaan Pisang Tongka Langit.

"Kegiatan ini tentu dapat mengedukasi para pelaku usaha pertanian, agar dapat memanfaatkan tanaman pisang tongka langit ini dengan baik, dan juga memahami alur pemanfaatannya dengan baik agar dapat meningkatkan perekonomian”, ucap Rektor.

Lebih lanjut, dikatakan, diharapkan, kedepanya ada sinergitas antara Universitas Pattimura dengan instansi terkait untuk sama-sama berperan aktif dalam mendukung implementasi kegiatan ini.

"Terlebih membawa dampak positif bagi masyarakat setempat," jelas Rektor.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan mesin pengering oleh Dr. Sanggono Adisasmito kepada Fakultas MIPA Unpatti, yang diterima langsung oleh Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum. Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman anakan Pisang Tongka Langit disekitar kampus.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pattimura Prof. Dr. Fredy Lewakabessy, M.Pd., Dekan Fakultas MIPA Prof. Dr. Pieter Kakisina, S.Pd. M.Si., Ketua dan Sekretaris LPPM Unpatti., Ketua Pelaksana Program Pengabdian Masyarakat LPPM Institut Teknologi Bandung, untuk Pisang Tongka Langit Graecia Lugito Ph.D, Peserta Workshop. (LEO)

  • Bagikan