Jadi Peserta JKN, Warga Hila Ini Bisa Bersalin Tanpa Biaya

  • Bagikan
Reihana
Reihana bersama petugas BPJS Kesehatan (jilbab biru). (Foto: BPJS Kesehatan)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Banyak sudah manfaat yang diterima masyarakat kecil dengan menjadi peserta
Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN. Reihana Kapitanhitu (34), misalnya yang terbantukan dalam pembiayaan saat melahirkan.

Warga Hila Kabupaten Maluku Tengah ini, mengapresiasi dan berterima kasih kepada BPJS Kesehatan atas Program JKN. Selama ini, dia merasa terbantukan dalam mendapatkan perlindungan jaminan kesehatan.

Dulu Reihana mengenal JKN dengan, PT. Askes, karena Ayahnya merupakan seorang pegawai negeri sipil (PNS).

"Kemudian setelah saya menikah pada tahun 2017, suami seorang PNS Daerah di Kabupaten Maluku Tengah. Secara, tidak langsung saya masuk menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen PNS Daerah Kelas I, sejak tahun 2017. Saya terdaftar di fasilitas Kesehatan tingkat pertama (FKTP) Puskesmas Hila," katanya kepada petugas BPJS Kesehatan, beberapa waktu lalu.

Dia mengaku, sangat puas, atas pelayanan yang diberikan di Puskesmas Hila. Kata dia, penanganan dalam hal melahirkan di Puskesmas Hila pun sangat baik, tidak kalah dengan pelayanan di fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut (FKTRL).

Selain itu, jarak antara rumahnya dengan Puskesmas Hila tidak terlalu jauh, hanya butuh beberapa menit, dan hal itu sangat memudahkannya jika ingin mengakses pelayanan kesehatan.

“Pada tahun lalu tepatnya bulan maret, saat mendapatkan pelayanan persalinan normal di Puskesmas Hila. Pelayanan yang diberikan pun sangat baik mulai dari pada saat kontrol kehamilan sampai dengan proses melahirkan, semuanya berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Dia mengaku, ia mendapatkan pelayanan yang sangat baik di Puskesmas, tidak ada perbedaan antara pasien BPJS Kesehatan dengan pasien umum lainnya.

“Di Puskesmas Hila itu kita tidak tahu mana peserta Program JKN dan mana yang pasien umum, karena semuanya diperlakukan dengan sama. Tidak ada perbedaan. Keluarga juga sangat bersyukur karena dengan adanya Program JKN,” kata Reihana.

“kita tidak merasa kuatir lagi saat sakit dan diharuskan mengakses pelayanan kesehatan di FKTP maupun FKRTL. Alhamdulillah tidak ada iur biaya tambahan pada saat persalinan, semuanya ditanggung oleh Program JKN. Hal ini sesuai dengan Janji Layanan JKN yaitu mudah, cepat dan setara. Saya telah membuktikannya sendiri,” tambah dia.

Dia berharap, agar Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan ini, dapat lebih berkembang ke masyarakat luas dan dapat menjangkau sampai di daerah pelosok Indonesia.

“Semoga kedepannya layanan Program JKN lebih baik lagi, dan agar BPJS Kesehatan secara terus menerus melakukan sosialisasi Program JKN sampai di daerah pelosok Indonesia,” ujarnya.

Diketahui, BPJS Keliling adalah salah satu kanal pelayanan tatap muka dengan peserta, yang mana menggunakan kendaraan roda empat yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk pelayanan kepada peserta.

BPJS Keliling bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi terkait program JKN juga memberikan layanan administrasi seperti pendaftaran peserta, perubahan data, penambahan anggota keluarga, peralihan kepesertaan, pemberian informasi dan pengaduan serta edukasi pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN.

Dengan adanya BPJS Keliling maka dapat membantu masyarakat di daerah pedesaan untuk lebih mudah mengakses informasi terkait Program JKN dan bisa hemat waktu tanpa harus jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan. (Leo)

  • Bagikan