Bantu Masyarakat Kecil di SBT, BPJS Kesehatan Bikin Program Keliling

  • Bagikan
bula
Salah satu peserta BPJS Keliling, Eka Wahyuni, sedang melakukan perubahan data. (foto: BPJS Kesehatan SBT)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Masyarakat di daerah terpencil Kabupaten Seram Bagian Timur, jadi sasaran BPJS Kesehatan. Mereka dipermudah akses layanan kesehatannya dengan masuk dalam program jaminan kesehatan nasional atau JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, mengatakan, Program BPJS Keliling disediakan untuk menjangkau Peserta Program JKN maupun masyarakat yang belum terdaftar di Program JKN agar bisa mengakses layanan itu di desa-desa terpencil.

“Provinsi Maluku ini merupakan daerah kepulauan dan beberapa kabupaten memiliki desa terpencil sehingga dengan adanya Program BPJS Keliling ini bisa menjangkau peserta Program JKN dan masyarakat di desa tersebut sehingga bisa mengakses layanan JKN,” ucap Saiyed.

Saiyed, jelaskan, bahwa masyarakat bisa melakukan pendaftaran anggota keluarga, melakukan perubahan data ataupun sekedar ingin mengetahui informasi terbaru mengenai Program JKN. BPJS Keliling ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena cukup hemat biaya juga bagi masyarakat yang tinggal cukup jauh dari lokasi kantor BPJS Kesehatan setempat.

Menurut Saiyed, pada kegiatan BPJS Keliling di RSUD Bula, terdapat dua orang melakukan perubahan data dan lima orang yang membutuhkan informasi mengenai Program JKN.

"BPJS Keliling bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi terkait program JKN juga memberikan layanan administrasi seperti pendaftaran peserta, perubahan data, penambahan anggota keluarga, peralihan kepesertaan, pemberian informasi dan pengaduan serta edukasi pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN," paparnya.

Lebih lanjut, dikatakan, dengan BPJS Keliling, dapat membantu masyarakat di daerah pedesaan untuk lebih mudah mengakses informasi terkait Program JKN dan bisa hemat waktu tanpa harus jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan.

Sementara itu, Direktur RSUD Bula, Linggar Sukaringtyas, menyambut baik dengan adanya kegiatan BPJS Keliling ini. Dan hal ini sangat membantu pihak rumah sakit dan tentunya pasien Program JKN jika ada informasi atau data yang ingin ditanyakan.

“Kami sangat senang dan berterima kasih dengan adanya Kegiatan BPJS Keliling ini karena kami sangat terbantu, baik dari pihak rumah sakit maupun pasien Program JKN. Jika ada hal-hal yang kurang dipahami oleh pasien, kami bisa koordinasi dengan cepat,” kata Linggar.

Salah satu peserta BPJS Keliling, Eka Wahyuni, memberikan tanggapan yang sama dengan Direktur RSUD Bula, Linggar Sukaringtyas.

"Saya merupakan peserta Program JKN. Dan hal ini sangat membantu dalam melakukan perubahan data administrasi. Ada BPJS Keliling di RSUD Bula ini membuat saya sangat bersyukur karena sangat hemat waktu dan jarak tempuh jadi saya tidak perlu lagi ke kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan perubahan data administrasi saya dan keluarga saya," jelasnya.

Lebih lanjut, dikatakan, keberadaan petugas BPJS Keliling ini, sangat penting. Karena, memberikan pelayanan sangat ramah, komunikatif dan detail dalam memberikan penjelasan informasi seputar Program JKN. (leo)

  • Bagikan