Jangkau Masyarakat Desa, BPJS Kesehatan Masuk Liang

  • Bagikan
Maluku Tengah
Petugas BPJS Kesehatan Maluku Tengah melayani warga Liang, Kecamatan Teluk Elpaputih, Malteng. (Foto: BPJS Kesehatan Malteng)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Untuk menjangkau sebanyak-banyak masyarakat pedesaan menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan masuk ke Negeri Liang, Kecamatan Teluk Elpaputih, Kabupaten Maluku Tengah.

Tim BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Maluku Tengah mendatangi Kantor Negeri Liang untuk berkoordinasi dengan Raja Negeri dan perangkat desa terkait rencana pelaksanaan Kegiatan BPJS Keliling.

BPJS Keliling bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait Program JKN sehingga kedepannya tidak akan ada lagi salah persepsi dari masyarakat tentang Program JKN.
Kegiatan BPJS Keliling ini tidak hanya menyasar pendaftaran peserta baru, tetapi juga dapat melayani perubahan data peserta, pemberian informasi terupdate, penanganan keluhan serta registrasi Mobile JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, Saiyed Abdul Gaffar Assaqqaf, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk memudahkan masyarakat melakukan pengurusan administrasi JKN dan mengakses layanan JKN.

“Kegiatan BPJS Keliling ini, rutin kami lakukan di wilayah kerja Kantor Cabang Ambon yaitu mencakup seluruh daerah di Provinsi Maluku. Kami menjangkau bukan hanya di daerah Kota Ambon tetapi sampai di pelosok daerah,” kata Assaggaf.

“Nah, salah satunya yaitu Desa Negeri Liang Kecamatan Teluk Elpaputih. Kami berpindah-pindah lokasi untuk menyasar peserta yang tidak sempat datang ke kantor untuk mengurus kepesertaan JKN maupun untuk mendapatkan informasi terkini tentang Program JKN,” tambah dia dalam release yang diterima media ini, kemarin.

Lebih lanjut, dikatakan, petugas BPJS Keliling mendatangi tempat-tempat yang biasanya banyak orang berkumpul seperti mall, pasar, puskesmas, kantor kecamatan, kantor kelurahan maupun kantor dinas pendudukan dan catatan sipil.

Sementara itu, Raja Negeri Liang, Julius lasamahu, mengapresiasi tim BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Maluku Tengah yang telah melaksanakan Kegiatan BPJS Keliling di Negerinya. Dan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk warga Negeri Liang.

"Saya dan seluruh masyarakat Negeri Liang Kecamatan Teluk Elpaputih mengucapkan terima kasih banyak atas Kegiatan BPJS Keliling ini. Semoga kegiatan seperti ini dapat dijadwalkan secara rutin di Negeri Liang,” kata Lasamahu.

Ini dikarenakan, lanjut Lasamahu, minimnya transportasi dan jarak tempuh yang jauh ke Kantor BPJS Kesehatan, yang letaknya berada di Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah.

“Kehadiran BPJS Keliling di tengah-tengah warga Negeri Liang ini sangat membantu sekali. Jika kami mau ke Kantor BPJS Kesehatan itu membutuhkan waktu sekitar dua jam dan alat transportasi disini sangat jarang sekali. Hal ini tentu saja menjadi kendala bagi kami,” ujarnya.

Lebih lanjut, dikatakan, diharapkan, agar seluruh masyarakat Negeri Liang sudah terdafar dalam program JKN.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, seluruh masyarakat Negeri Liang sudah terdaftar dalam Program JKN. Jadi ketika sakit, tidak bingung lagi dengan biaya rumah sakit karena sudah ditanggung oleh JKN. Ayo, Bapak/Ibu dan saudara-saudara sekalian, kita manfaatkan kegiatan ini dengan baik. Kita daftarkan anggota keluarga yang belum terdaftar. Dan juga menanyakan informasi-informasi terkait Program JKN,” harapnya.

Salah satu Peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK), Jufri, merasa bersyukur ada BPJS Keliling di Negeri Liang.

‘’Kebetulan saya itu mau lakukan perubahan data keluarga saya. Jadinya saya tidak perlu lagi jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan yang berada di Kota Masohi. Tidak hanya itu, kami juga bisa mendapatkan informasi-informasi terkini seputar aturan Program JKN,’’ paparnya.

Dia menambahkan, dirinya ketika ke kantor BPJS Kesehatan yang berada di Masohi, harus membutuhkan dana yang cukup besar untuk ongkos angkutan umum.

"Dan hal ini cukup sulit dikarenakan rata-rata warga Negeri Liang kebanyakan berprofesi sebagai petani dan pedagang," pungkasnya.

Diketahui, warga Negeri Liang, Kecamatan Teluk Elpaputih, sangat antusias dengan kehadiran BPJS Keliling. Dengan adanya kegiatan ini, sangat mempermudah mereka saat melakukan perubahan data dan mendaftarkan keluarganya dalam Program JKN.(leonardo)

  • Bagikan