Dua Kali Gagal Jadi Dekan, Prof Edy Justru Terpilih Jadi Rektor Unpatti

  • Bagikan
Pilrek Unpatti
Rektor Unpatti, Prof DR Freddy Leiwakabessy.

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Profesor Fredy Leiwakabessy terpilih sebagai rektor Universitas Pattimura(Unpatti) Ambon periode 2023-2027. Tapi siapa sangka, Fredy pernah dua kali ikut pemilihan Dekan FKIP, dan gagal.

Perjalanan Fredy menuju kursi rektor, cukup mulus. Pada tahapan bakal calon ke calon rektor yang digelar dalam rapat senat Unpatti 5 Oktober 2023, Leiwakabessy berhasil memperoleh 22 suara, terbanyak dari dua calon lainnya masing Prof. Drs. Jusuf Madubun 15 suara, dan Prof. Dr. Izaak Hendrik Wenno 16 suara.

Sejak saat itu, banyak pihak, terutama di lingkup kampus Unpatti memprediksi, Prof Edy —sapaan akrab Fredy Leiwakabessy, akan terpilih memimpin kampus Basudara itu empat tahun ke depan. Prof Edy dalam rapat paripurna senat pemilihan calon rektor, Selasa, 7 November 2023.

Freddy Leiwakabessy ditetapkan sebagai rektor terpilih berdasarkan Keputusan Senat Universitas Pattimura Nomor 11/UN13.V/SK/2023. Ia mengantongi 66 suara dari 109 hak suara para senat dan 35 persen rekomendasi kementerian.

Dua calon lainnya, yaitu Jusuf Madubun memperoleh 16 suara, dan Izaak Wenno mengantongi 27 suara.

Fredy Leiwakabessy merupakan guru besar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unpatti. Lulus dari FKIP pada 1989, Fredy melanjutkan studi program magister (S2) di Universitas Negeri Malang, dan lulus pada 1999, dan menggondol gelar doktor (S3) dari Universitas Airlangga tahun 2005.

Sebelum diangkat menjadi Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof Edy pernah dua kali berturut-turut calon dekan FKIP Unpatti. Namun figur yang dikenal sederhana ini gagal mengalahkan petahana dekan kala itu.

Dalam pemilihan pemilihan rektor Unpatti pada 2019 lalu, Fredy merupakan salah satu suksesor Prof Marthinus Saptenno untuk periode kedua, 2020-2024. Karena itu, Fredy dipercayakan Saptenno sebagai Warek yang mengurusi bagian akademik Unpatti.

Salah satu dosen FKIP Unpatti, Iwan Rumalean mengaku, Prof Edy merupakan sosok sederhana. Dengan pengalaman yang dimilikinya sebagai mantan wakil dekan FKIP dan kini Warek, Iwan yakin Fredy bisa membawa Unpatti lebih maju lagi ke depan.

“Beliau orang berkualitas, dan tentu kita berharap beliau mampu memajukan lagi Unpatti dari semua aspek,” singkatnya.(leonardo)

  • Bagikan