RSUP Leimena Layani Kateterisasi, yang Dijaminkan BPJS Kesehatan

  • Bagikan

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Dalam rangka mendukung transformasi mutu layanan, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Johanis Leimena Ambon (RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon) melayani kateterisasi jantung (cathlab).

Pelayanan ini sudah dimulai per tanggal 06 November 2023. Layanan kateterisasi jantung (cathlab) adalah suatu pelayanan yang dilakukan di laboratorium kateterisasi jantung dan angiografi untuk menentukan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, Saiyed Abdul Gaffar Assaqqaf, mengapresiasi segala upaya dan kinerja semua pihak yang terlibat dalam proses kerjasama layanan kateterisasi jantung di RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon.

“Kami sangat mengapresiasi segala upaya dan kinerja yang telah dilakukan semua pihak sehingga kerjasama layanan cathlab ini dapat terselenggara dengan baik,” katanya dalam release yang diterima media ini, Kamis, (16/11).

Menurut Dia, layanan cathlab ini merupakan bentuk kolaborasi untuk mendukung penuh Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Dijelaskan, jika berbicara mengenai universal health coverage (UHC) artinya tidak hanya tentang cakupan kepesertaan, namun juga tentang aksesibilitas dan kualitas mutu layanan kepada seluruh Peserta JKN.

“UHC itu kan tidak hanya fokus pada cakupan kepesertaan. Namun, kita juga tetap harus memperhatikan aksesibilitas dan kualitas mutu layanan kepada Peserta JKN. Maka, untuk mewujudkan hal tersebut, BPJS Kesehatan bersama-sama dengan fasilitas kesehatan fokus kepada Transformasi Mutu Layanan. Salah satu pengejawantahan dari Transformasi Mutu Layanan di fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL) adalah perluasan layanan kerjasama cathlab, kemoterapi dan radioterapi. Alhamdulillah, di tahun 2023 ini yang sudah bisa terwujud adalah kerjasama layanan cathlab di Provinsi Maluku,” paparnya.

Sebagai informasi, dalam proses kerja sama ini, BPJS Kesehatan berupaya menghadirkan terobosan dengan penyesuaian proses kredensialing dengan harapan memberikan kemudahan dalam kolaborasi antara BPJS Kesehatan dengan fasilitas kesehatan.
Di akhir kata, Saiyed berharap kerjasama layanan cathlab dapat meningkatkan derajat kesehatan seluruh masyarakat di Provinsi Maluku.

“Semoga dengan adanya kerjasama ini, dapat meningkatkan pemerataan derajat kesehatan masyarakat di Provinsi Maluku. Kerjasama layanan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi Peserta JKN. Salah satunya yaitu efisiensi biaya akomodasi dan transportasi jika peserta berobat ke luar daerah Provinsi Maluku. Dan kami juga berharap agar kedepannya bisa dilakukan perluasan kerjasama kemoterapi dan radioterapi di Provinsi Maluku,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur utama RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon, drg Saraswati, MPH, mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak BPJS Kesehatan atas kerjasama pelayanan cathlab. RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik, salah satunya adalah dengan adanya layanan cathlab tersebut.

“Kami selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasien. Salah satu cara adalah dengan melengkapi sarana dan prasarana penunjang medis, seperti pelayanan cathlab ini,” ungkapnya.

Dia berharap, semoga dengan adanya pelayanan cathlab ini peserta JKN di Provinsi Maluku tidak perlu jauh-jauh lagi berobat ke luar Provinsi Maluku.

"Selain itu juga, kami jajaran RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon juga tetap berkomitmen agar dapat memberikan pelayanan terbaik tanpa ada iur biaya, kekosongan obat dan tanpa diskriminasi sesuai isi Janji Layanan JKN,” pungkasnya. (LMS)

  • Bagikan