Di Perayaan 1 Dekade Klinik Mata Vlissingen, 100 Warga Ambon Diberi JKN Gratis

  • Bagikan
Kota Ambon
Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Klinik Mata Ambon Vlissingen, melalui Kadis Kesehatan Wendy Pelupessy memberikan 100 peserta JKN gratis.

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Klinik Mata Ambon Vlissingen (BLUD) UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen, memberikan Donasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk 100 warga Kota Ambon kepada BPJS Kesehatan Cabang Ambon.

(BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen), merupakan sebuah klinik yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan mata. BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen adalah hasil kerjasama sister city antara Kota Ambon dan Kota Vlissingen, Belanda yang berdiri di Kota Ambon sejak Bulan November 2013.

Di Bulan November tahun 2023 ini, perayaan satu dekade BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen. Kegiatan ini juga menyuguhkan berbagai kegiatan yang menarik seperti lomba edukasi kesehatan mata di sosial media, pemeriksaan pasien prolanis.

Kemudian skrinning riwayat kesehatan, pemeriksaan seribu mata gratis, pemberian kacamata gratis, symposium kesehatan mata dan talk show kesehatan mata yang secara spesial dihadiri oleh Andy F. Noya (Kick Andy) yang juga merupakan ketua Komite Mata Nasional, keturunan Ambon.

Bantuan Donasi JKN diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, dokter gigi Wendy Pelupessy dan dokter Daniel J. Siegers selaku Kepala Klinik Mata Ambon Vlessingen kepada Kepala BPJS Kesehatan Kota Ambon.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, mengatakan, dengan donasi JKN, dapat membantu masyarakat yang belum memiliki JKN.

“Semoga bantuan donasi JKN untuk seratus jiwa warga ini dapat bermanfaat,” katanya dalam release berita yang diterima media ini, Jumat, (17/11/2023).

Donasi dari BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen yang diberikan untuk masyarakat kurang mampu, belum terdaftar dalam program JKN ini diharapkan dapat membantu Pemerintah Kota Ambon untuk memperluas cakupan peserta JKN.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, Saiyed Abdul Gaffar Assaqqaf, mengucapkan terima kasih kepada BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen terkait bantuan donasi JKN tersebut.

Melalui Program donasi JKN,100 jiwa warga telah dibayarkan iuran Program JKN selama satu tahun ke depan. Program Donasi JKN ini, terdiri dari beberapa jenis yaitu Donasi Perorangan, Donasi Badan Usaha, dan Donasi Lembaga atau Badan lainnya.

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen yang telah berkontribusi dalam kegiatan donasi JKN. Hal ini bertujuan untuk memberikan donasi kepada masyarakat yang belum memiliki jaminan sosial kesehatan bisa memperoleh perlindungan jaminan kesehatan,” paparnya.

Dia berharap, dengan adanya donasi yang diberikan oleh BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen, dapat dicontoh oleh badan usaha atau pihak lain.

“Tentu saja hal ini merupakan hal yang positif, dan semoga ada badan usaha lainnya juga bisa berinisiatif untuk ikut memberikan donasi JKN dan menanggung iuran JKN bagi warga yang kurang mampu di daerah Kota Ambon,” tuturnya.

Yayasan Kerjasama Vlissingen – Ambon (SSVA) Bob Latuheru, mengatakan, kehadiran mereka datang dari Kota Vlissingen ke Kota Ambon untuk bekerjasama dan saling tolong-menolong warga Kota Ambon.

“Kami sangat senang datang ke Kota Ambon ini, kami bisa saling membantu dan menolong saudara-saudara kami disini. Selama satu dekade bekerjama sama, tidak ada kami temukan kendala yang berarti. Semoga Kerjasama ini juga dapat diteruskan dalam bidang lain juga,” jelasnya.

Sebagai informasi, perjanjian Kerjasama Donasi JKN ini mulai berlaku pada tanggal 01 Desember 2023 sampai dengan 30 November 2024. (LMS)

  • Bagikan