Fredy Leiwakabessy Dilantik 30 November, Sapteno Ditunjuk Pejabat Sementara Rektor Unpatti

  • Bagikan
pemilihan rektor unpatti
Gedung Kampus Unpatti

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Masa jabatan Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum, sebagai Rektor Universitas Pattimura Ambon telah berakhir, Sabtu (2/11/2023). Sementara itu, pelantikan Profesor Fredy Leiwakabessy sebagai rektor baru Unpatti akan dilaksanakan lusa, Rabu, 30 November 2023.

Untuk mengisi kekosongan jabatan rektor selama beberapa hari ke depan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengangkat M. J. Saptenno sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Rektor Unpatti hingga calon rektor terpilih periode 2023-2027, Prof Fredy Leiwakabessy dilantik.

Sekretaris pemilihan rektor Unpatti, Dr. Joseph Pagaya, M.Kes mengatakan, tidak ada kekosongan jabatan kursi Rektor Unpatti.

“Karena di hari yang sama, Kemendikbudristek, langsung mengangkat Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum, sebagai pejabat sementara untuk memimpin Unpatti hingga rektor terpilih dilantik. Dan hari pelantikan itu, telah ditetapkan oleh Kemendikbudristek pada hari Rabu, (29/11),” katanya saat dikonfirmasi Ambon Ekspres, Minggu (26/11).

Pagaya menegaskan, Kemendikbudristek mempunyai hak prerogatif untuk menetapkan pejabat yang dapat mengisi kekosongan pada setiap universitas setelah pemilihan rektor terjadi.

“Dan menurut saya, hal itu wajar. Karena masih didalam peraturan. Kita ikuti saja aturan yang ada. Jangan keluar dari aturan yang telah ditetapkan oleh menteri,” ujarnya.

Diketahui, Prof Freddy Leiwakabessy terpilih menjadi Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon periode 2023- 2027 dalam rapat paripurna senat pemilihan calon rektor di kampus berjuluk Basudara di Maluku itu.

Leiwakabessy terpilih karena mengantongi 66 suara dari 109 hak suara para senat dan 35 persen rekomendasi kementerian.

Sementara calon rektor nomor urut satu Prof Jusuf Madubun memperoleh 16 su- ara, dan calon nomor urut tiga Prof Izaak Wenno memperoleh 27 suara. (leonardo)

  • Bagikan