Sambangi Larike, BPJS Kesehatan Bikin BPJS Keliling

  • Bagikan
Larike

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Tak pernah putus, BPJS Kesehatan mencari peserta baru, dan mensosialisasi pentingnya menjadi bagian dari program Jaminan Kesehasan Nasional (JKN) ke desa-desa di Maluku. Di Larike, Kecamatan Leihitu Barat, Maluku Tengah, BPJS Kesehatan merangkul warga untuk menjadi peserta JKN.

Kegiatan sosialisasi ini tidak hanya diikuti oleh Masyarakat Negeri Larike, Kabupaten Maluku Tengah tetapi juga oleh seluruh perangkat desa untuk mendapat Pemberian Informasi Langsung (PIL).

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, Saiyed Abdul Gaffar Assaqqaf mengapresiasi kerjasama dengan perangkat Desa Negeri Larike yang berjalan optimal.

“Kami juga mengapresiasi kinerja perangkat desa Negeri Larike, yang mana menyambut kedatangan tim kami dengan baik dan mengumpulkan semua masyarakat di Negeri Larike sehingga sosialisasi ini bisa terlaksana,” katanya dalam release yang diterima media ini, Selasa, (28/11).

Menurut Dia, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, terus berupaya dapat menjangkau seluruh daerah untuk memberikan sosialisasi terkait Program JKN.


Setelah selesai pemberian materi sosialisasi, dilanjutkan dengan Kegiatan BPJS Keliling. Terlihat, Masyarakat Negeri Larike sangat antusias dengan adanya BPJS Keliling.

"Pasalnya, mereka mengantri dan berbondong-bondong untuk melakukan pengecekan status kepesertaan, perubahan fasilitas kesehatan, penambahan anggota keluarga dan juga pendaftaran baru," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Raja Negeri Larike, Hafes Mansyur Lausepa, menyampaikan terima kasih kepada BPJS Kesehatan atas terlaksananya kegiatan sosialisasi tersebut.

“Terima kasih tim BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon yang dengan senang hati memberikan sosialisasi kepada kami semua di Negeri Larike. Semoga yang tadinya kami kurang paham mengenai apa itu Program JKN, kami jadi semakin paham dan tidak bingung lagi,” ungkapnya.

Salah satu Peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah Kepala dan Perangkat Desa (PPU KP Desa), Sumiati (52), bersyukur dengan adanya sosialisasi di Negeri Larike.

“Sosialisasi ini membuat kami lebih paham lagi tentang Program JKN. Contohnya ini saya belum paham mengenai bagaimana pelayanan bagi pasien JKN dalam keadaan gawat darurat, nah setelah diberikan penjelasan oleh tim BPJS, akhirnya saya lebih memahami,” tuturnya.

Selain Sumiati, Hartini (47) juga sangat senang dengan kegiatan BPJS Keliling. Ia menyampaikan bahwa akhirnya Ia mengetahui bahwa ketika menggunakan Kartu JKN, tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

“Awalnya saya khawatir jika mau berobat nanti ada biaya juga selain pemakaian Kartu JKN. Tetapi ketika saya dapat penjelasan, ternyata ketika kita mengikuti prosedur yang berlaku, tidak ada iur biaya apapun. Hal ini sangat membantu kami,” ujarnya.

Dia, mengajak, seluruh masyarakat Negeri Larike agar mendaftarkan diri dan keluargnya ke dalam program JKN.

Selain Sumiati, Hartini (47) juga sangat senang dengan kegiatan BPJS Keliling. Ia menyampaikan, akhirnya ia mengetahui bahwa ketika menggunakan Kartu JKN, tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

“Awalnya saya khawatir jika mau berobat nanti ada biaya juga selain pemakaian Kartu JKN. Tetapi ketika saya dapat penjelasan, ternyata ketika kita mengikuti prosedur yang berlaku, tidak ada iur biaya apapun. Hal ini sangat membantu kami,” tuturnya.

Dia mengajak, seluruh masyarakat Negeri Larike agar mendaftarkan diri dan keluargnya ke dalam program JKN.

“Saya menghimbau kepada seluruh warga Negeri Larike yang belum mendaftarkan diri dan anggota keluarga ke dalam Program JKN agar segera daftar. Karena Program JKN ini tidak ada dipungut biaya tambahan selain iuran JKN per bulan. Dan juga, Program JKN sangat bermanfaat apabila kita mengalami sakit,” jelasnya.

Salah satu Peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK), Su Ely (48), merasa bersyukur ada BPJS Keliling di Negeri Liang.

‘’Kami warga di Negeri Larike ini lokasi tempat tinggalnya jauh sekali dengan Kantor BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, jadi ketika mengetahui bahwa tim BPJS Kesehatan akan ke Negeri Larike, saya senang sekali,” ucap Su Ely.

Dia menambahkan, dirinya mau melakukan pendaftaran baru, sehingga dengan adanya BPJS Keliling ini, ia tidak perlu repot-repot lagi ke kantor BPJS Kesehatan.

"Selain itu juga, bisa mendapatkan informasi-informasi terkini seputar aturan Program JKN," pungkasnya. (leonardo)

  • Bagikan