Selebram, Perwira Polisi, Hingga Ridho Slank Ikut Ujian Semester di UT Ambon

  • Bagikan

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Maluku yang memiliki mahasiswa dari beragam profesi adalah Universitas Terbuka (UT) Ambon.

Konsep Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh yang diemban kampus ternama di Indonesia ini, memungkinkan generasi bangsa dari berbagai kalangan usia dan beragam profesi bisa fleksibel mengenyam pendidikan mereka tanpa kendala waktu dan jarak.

Mahasiswa dari beragam profesi yang saat ini tengah melaksanakan ujian akhir semester di UT Ambon antara lain, selebgram Maluku, Indah Paisz dan gitaris group musik legendaris Slank kelahiran Maluku, Ridho Hafiedz, dan Direktur Reskrimum Polda Maluku, Kombes Andry Iskandar SIK, M.Si yang saat ini menempuh studi Doktornya.

Direktur UT Ambon, Yuli Tirtariandi El Anshori kepada Ambon Ekspres, Kamis (7/11) menyebutkan, ribuan mahasiswa UT Ambon yang tersebar di Provinsi Maluku termasuk yang saat ini rata – rata berdomisili di luar Maluku.

Para mahasiswa yang terdiri dari program Program Diploma, Sarjana, Magister, dan Program Doktor tersebut akan mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) tanggal 9 Desember 2023.

“ Kami sangat mengapresiasi setinggi-tingginya bagi masyarakat dari beragam profesi yang saat ini sedang menempuh studi di UT Ambon termasuk para mahasiswa kami dari kalangan fresh graduates SLTA yang memutuskan langsung berkuliah di UT sambil mencari pekerjaan, “ ucap Yuli.

Yuli membeberkan, saat ini mahasiswa yang melanjutkan pendidikannya di UT Ambon tidak hanya bagi mereka yang sudah bekerja, tetapi yang belum bekerja. Hal tersebut membuktikan bahwa anggapan masyarakat dan berbagai kalangan tentang mahasiswa yang kuliah di UT Ambon hanya orang yang sudah bekerja tidak benar atau hoax.

Menurutnya, dengan adanya Selebgram, musisi, ASN, hingga Perwira Polisi yang berkuliah di UT menunjukkan bahwa UT bukanlah perguruan tinggi kaleng-kaleng.

Kualitas akademik selalu dijaga dengan berbagai standar layanan yang sudah ditetapkan, termasuk kualitas penyelenggaran ujian yang dilaksanakan secara nasional tidak hanya di Maluku.

Pria berkacamata ini menambahkan, ada beberapa jenis ujian semester di UT yaitu ujian tatap muka, ujian online, take home exam, dan ujian remote proctoring.

Khusus jenis ujian remote proctoring merupakan salah satu bukti fleksibilitas UT. Metode ujian ini mahasiswa bisa ujian dari rumah, kantor, di puncak gunung, di tengah lautan, di tengah hutan sekalipun tergantung jaringan internet.

“ Dalam proses ujiannya petugas kami akan melakukan pengawasan secara virtual. Bahkan jika Planet Mars sudah bisa dihuni manusia dan ada mahasiswa UT di sana, kami tetap melayani sepanjang ada jaringan internet untuk ujian remote proctoring,” kata dia setengah berseloroh.

Untuk diketahui, saat ini UT Ambon telah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program Sarjana dan Diploma Semester 2023/2024 Genap hingga tanggal 20 Februari 2024 untuk jalur umum (lulusan SLTA Sederajat termasuk berijazah Paket C).

Sedangkan untuk jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) atau yang biasa dikenal dengan istilah Alih Kredit, proses Admisi dibuka hingga 31 Januari 2024.

Di PTN terakreditasi B ini terdapat puluhan Program Studi di berbagai fakultas seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum, Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Info lebih lanjut terkait Program Studi di UT Ambon bisa disimak di laman ambon.ut.ac.id sedangkan pendaftaran bagi calon mahasiswa bisa secara online melalui laman admisi-sia.ut.ac.id.

Selain itu, bagi yang berminat melanjutkan pendidikan di UT Ambon bisa mendatangi secara langsung kantor ini tepatnya di Jalan Wolter Monginsidi, Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, ataupun melalui Pengurus Kelompok Belajar yang tersebar di 11 kabupaten/kota se-Maluku. (AKS)

  • Bagikan