Pelni Ambon Tambah 2 Kapal, Untuk Mudik Natal Disiapkan 12 Kapal

  • Bagikan
mudik natal
Kepala operasi Pelni cabang Ambon Mohammad Assagaff.

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Antisipasi lonjakan penumpang menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), PT. Pelni Cabang Kota Ambon, Maluku, menyiapkan dua armada kapal tambahan yang akan tiba di Pelabuhan Yosudarso, Kota Ambon.

Kepala operasi Pelni cabang Ambon Mohammad Assagaf kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (13/12/2023), mengatakan tambahan kapal adalah, KM Ciremai dan KM Gunung Dempo.

Dengan bertambahnya dua Kapa,l kata Assegaf, maka total kapal menjelang Natal dan Tahun Baru keseluruhan berjumlah 12 kapal.

"Dari 12 kapal itu, yakni KM. Labobar, KM. Dorolonda, KM Dobonsolo, KM Nggapulu, KM Tidar, KM Sirimau, KM Leuser, KM Tatamailau, KM Sanglang dan KM Pangrango, KM Ciremai dan KM Gunung Dempo", terangnya.

"Kesiapan kapal Pelni menghadapi Nataru itu kita ada 10 kapal, yang tadi nya sudah ada. Kita tambah 2 kapal lagi ya untuk kapal putih. Yaitu kapal Ciremai dan gunung Dempo. Sudah ada schedulenya," kata Assegaf.

Dijelaskan, tahun ini diprediksi ada peningkatan jumlah penumpang dibanding tahun lalu, seiring dengan redahnya pandemi Covid 19.

"Karena diprediksi tahun ini akan meningkatnya jumlah penumpang, makanya ditambah dua kapal dan juga dispensasi penambahan kapasitas penumpang", ujarnya.

Menurut Assegaf, Kapal Motor (KM) Ciremai biasanya tidak singgah ke Ambon. Namun khusus Nataru, rute ke Ambon ditambahkan sebelum ke Sorong untuk mengantar penumpang yang hendak berlibur ke Papua.

"Kalau KM Ciremai biasanya ke Bau-Bau langsung Sorong. Tapi kali ini tidak, dia ke Ambon baru ke Sorong", jelasnya.

Ada pun rute KM Ciremai jelas Assegaf yaitu, Bau bau - Ambon - Sorong - Manokwari - Jayapura - Biak - Manokwari - Jayapura - Biak - Sorong - Ambon.

Tidak hanya KM Ciremai, ada pun Deviasi Rute juga dilakukan pada KM Gunung Dempo yang sebelumnya tidak menyinggahi Pelabuhan Ambon, kini rute KM Gunung Dempo menjadi Makassar - Ambon - Sorong - Manokwari. KM Gunung Dempo akan tiba di Pelabuhan Yosudarso Ambon pada, Selasa (19/12/2023).

"Kalau dari analisa kami memang penumpang paling banyak itu dari Timur sendiri dan Utara ya. Makanya ada penambahan dua kapal, dan itu deviasi rute untuk ke Papua dan Ternate Bitung", imbuhnya

Selain pada dua kapal lanjut dia, sejumlah kapal juga ada perubahan atau rekayasa rute seperti KM Doloronda, dengan rute dari Makassar - Namlea - Ambon - Ternate - Bitung - Ternate - Ambon - Ternate - Bitung - Ternate - Ambon.

Terkait rute, tambah dia, kita ada rekayasa untuk beberapa kapal seperti kapal Doloronda itu biasanya dari Jakarta tiba di Ambon kemudian balik lagi, kali ini tiba di Ambon kemudian ke Ternate alu baliknya ke Ambon terus balik lagi ke Ternate.

"Nanti terus dia balik lagi ke Ambon, lanjut ke Jakarta terus langsung ke barat sampai ke Batam. Jadi untuk memfasilitasi penumpang yang ingin mudik ke arah Indonesia Barat dan bukan itu aja ada beberapa kapal yang memang di rekayasa ada extra Lane", tandasnya (jardin papalia)

  • Bagikan