Lima Wisudawan Capai Cumlaude, Unpatti Wisudakan 1.547 Sarjana

  • Bagikan
Wisuda Unpatti

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Lima sarjana mencapai cumlaude atau nilai sempurna dari 1.547 lulusan yang diwisudakan Universitas Pattimura. Wisuda digelar dalam rapat senat terbuka, Senin (18/12/2023).

Ribuan lulusan tersebut terdiri dari Sarjana, Magister, Doktor, Pendidikan profesi Guru, dan program studi di luar kampus utama Kabupaten Kepulauan Aru, dan Maluku Barat Daya (MBD) periode Desember tahun 2023, di Audotirium Unpatti, Kota Ambon.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy dalam sambutannya, mengatakan Unpatti telah menciptakan lulusan yang unggul, dan bersinar dalam mengembangkan Unpatti menuju Work Class University.

“Untuk menuju semua itu dibutuhkan tekat bersama, semua pihak dalam membangun Universitas Pattimura menjadi lebih baik kedepan,” kata Rektor.

Untuk menghasilkan pemimpin-pemimpin masa depan yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki skill keterampilan, kata Rektor, karakter yang berbasis pada peningkatan oktanisi wilayah kepulauan, baik di bidang perikanan, bidang pertanian, maupun teknologi transportasi.

"Semua bisa terjadi kalu kita semua bersama bekerja keras sehingga Unpatti bisa menunjukan kualitas sebagai universitas yang Unggul, bersih, berintegritas, sinergitas dan berkarakter menuju Work Class University", kata Leiwakabessy.

Dikatakan, Unpatti perlu dukungan dari Pemerintah juga untuk mengembangkan kampus ini dalam meningkatkan keunggulan dan daya saing, meningkatkan reputasi ajang internasional.

"Peningkatan kesejahteraan yang ditandai dengan bagaimana kebersamaan pemerintah dari yang tertinggi sampai yang paling kecil, serta berusaha untuk melakukan tata kelola yang berbasis pada management akademik, dan non akademik,” ujarnya.

Dalam konsep pengembangan perguruan tinggi yang lain, Unpatti harus seimbangkan antara input proses, output outcome dan impact.

Leiwakabessy menjelaskan, hari ini Unpatti telah meluluskan 1.547 lulusan periode ketiga di tahun 2023, yakni lulusan sarjana, Magister Doktor, Profesi Guru dan Dokter. Jadi total semua lulusan mula dari Periode April, Agustus dan Desember tahun 2023 sebanyak 6.149.

“Jika kita bandingkan dengan input kita di tahun 2023, sebanyak 6.179 mahasiswa, semua itu kita asumsikan keseimbangan antara input dan output maka kita sudah bisa mencapai 99,95i persen,” ungkap Rektor.

Menurut dia, perlu berikan penekanan pada bagaimana output Ini bisa memberikan outcome keberhasilan harus 80 persen. Sebab lulusan kita terserap di dunia pekerjaan, untuk itu harus bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dalam menciptakan lapangan kerja yang baru.

"Ini yang harus kita kejar, dari 6149 lulusan, harus kita kejar 80 persen untuk memberikan Outcome yang betul-betul bermanfaat bagi universitas ini,” terangnya.

Diketahui, Ribuan lulusan berasal dari Fakultas Hukum 134 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 146 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 609 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 148 orang, Fakultas Pertanian 51 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (56 orang).

Kemudian Fakultas Teknik 183 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 49 orang, Fakultas Kedokteran 20 orang, Pendidikan Diluar Kampus Utama PSDKU, Kabupaten Kepulauan Aru 43 orang, PSDKU Kabupaten MBD 20 orang dan Pascasarjana 88 orang. (jardin papalia)

  • Bagikan