Temukan Masalah Saat Pungut Hingga Rekapitulasi, Panwascam Beri Catatan Buat KPU Malteng

  • Bagikan

MASOHI, Ameks.fajar.co.id.- Pengawas Kecamatan (Panwascam) Seram Utara, Maluku Tengah, menemukan beberapa catatan hasil pengawasan pungut hitung hingga pleno rekapitulasi tingkat kecamatan pada Pemilu 2024 di wilayahnya.

Ketua Panwascam Seram Utara, melalui Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Dan Penyelesaian Sengketa (P3S), Minggu (24/3/2024) Kajiti Tuharea mengatakan ada beberapa catatan yang mereka dapat selama proses pungut hitung hingga rekapitulasi di tingkat kecamatan.

"Kalau kami terkait dengan progres pengawasan lebih ditingkatkan," ujar Tuharea.

Menurutnya, hal itu dalam meningkatkan serta menjaga hak pilih dari tingkatan paling di bawah pada saat hari pelaksanaan rekapitulasi.

"Untuk tingkat partisipasi pengawasan di Pileg sebelumnya cukup baik, hanya saja kita perlu lebih maksimal lagi guna menghindari segala kemungkinan yang terjadi," ucap Tuharea kepada Ameks.fajar.co.id, di Masohi.

Tuharea menyebutkan guna menghindari kurangnya lembar C Hasil di TPS dirinya meminta kesiapan penyelenggara lebih matang lagi, hingga masalah SIREKAP yang tidak bisa bekerja dengan baik, dapat diatasi.

"Bukan itu saja, KPPS kesulitan upload data ke SIREKAP pada hari H pungut hitung. Kemudian ada pula beberapa KPPS yang masih kurang mengerti tentang pengisian c hasil," ujarnya.

Selain itu dirinya meminta sinergitas antar Panwascam dan PKK, sehingga problem yang di dapatkan dilapangan dapat diatasi dengan baik.

"Semoga kedepan kita lebih baik dalam melakukan progres kepemiluan, guna minimalisir segala kemungkinan yang tidak di inginkan," katanya.

Meski demikian, Tuharea menilai secara garis besar, pelaksanaan pungut hitung hingga rekapitulasi Pemilu 2024 di kecamatan berlangsung dengan kondusif walaupun ada beberapa kendala di lapangan.

Dia berharap catatan ini bisa menjadi masukan kepada KPU Malteng untuk pelaksanaan Pilkada Malteng 2024 mendatang. (DW).

  • Bagikan