BPJS Kesehatan Tembus MBD, Layani Masyarakat Miskin di Tiakur

  • Bagikan
BPJS Kesehatan Ambon
Petugas BPJS Kesehatan sedang mendaftarkan peserta JKN. (Foto: Humas BPJS Kesehatan)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - BPJS Kesehatan secara massif memberikan pemahaman informasi terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) hingga ke daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di Maluku, seperti Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Salah satu tempat BPJS Keliling di awal tahun ini adalah Puskesmas Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya. Kepala Puskesmas Tiakur, dokter gigi Vebby. P. Keppy, memberikan apresiasi atas bantuan tim BPJS Kesehatan Kabupaten Maluku Barat Daya yang melakukan Kegiatan BPJS Keliling di Puskesmas Tiakur.

“Sinergi yang baik ini semoga berjalan terus, dan agar dirutinkan jadwal BPJS Keliling di Puskesmas Tiakur. Karena kegiatan ini sangat bagus sekali, Pasien JKN maupun Pasien Non JKN dapat merasakan manfaatnya secara langsung. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat untuk antri mendapatkan informasi mengenai Program JKN,” katanya dalam pers release yang diterima media ini, kemarin.

Menurutnya, masyarakat setempat menyambut positif kehadiran BPJS Keliling tersebut. Sehingga, masyarakat mendapatkan dua keuntungan sekaligus, yaitu, pengobatan di Puskesmas Tiakur dan juga mendapatkan pemahaman mengenai Program JKN.

“Mereka senang sekali dengan adanya BPJS Keliling ini, jadi ketika ada pasien yang datang dan tidak terlalu paham misalnya bagaimana cara mengaktifkan status kepesertaan JKN, bisa langsung ditangani saat itu juga ketika ada BPJS Keliling,” paparnya.

Lebih lanjut, dikatakan, tidak hanya itu, petugas yang ada di Puskesmas Tiakur pun merasakan manfaat dari BPJS Keliling ini.

“Kami juga jika ingin melakukan perubahan data atau penambahan anggota keluarga bisa langsung terlayani disini, kami tidak perlu ke Kantor BPJS Kesehatan lagi,” ucapnya.

Diketahui, Ia dan Petugas Puskesmas Tiakur yang lainnya juga ikut mengedukasi terkait Program JKN kepada Pasien yang datang ke puskesmas.

“Bahkan jika ada pasien yang belum menjadi Peserta JKN, pasti kami langsung mengarahkan untuk mendaftarkan diri dan keluarganya ke dalam Program JKN. Nah dengan adanya BPJS Keliling, pasien semakin merasa lebih puas karena langsung dijelaskan secara rinci oleh pegawai BPJS Kesehatan,” jelasnya.

Salah satu Peserta JKN, Ivana Rahayu Latuasan (30), merasa bersyukur dengan adanya BPJS Keliling di Puskesmas Tiakur.

“BPJS Keliling sangat membantu dalam mempermudah saya dalam mengakses layanan kepesertaan seperti pengecekkan status kepesertaan dan pemindahan fasilitas kesehatan,” imbuhnya.

Dirinya juga menambahkan, bahwa dengan adanya BPJS Keliling, ia tidak perlu lagi pergi ke Kantor BPJS Kabupaten Maluku Barat Daya.

Salah satu Peserta JKN, Paulina Watremny (37), menceritakan pengalamannya saat BPJS Keliling di Puskesmas Tiakur.

“BPJS Keliling sangat membantu sekali karena pada saat saya berobat, saya langsung mendapatkan informasi terkait status kepesertaan JKN saya. Tidak hanya itu, jika ada hal yang saya kurang pahami, saya bisa langsung bertanya dan mendapatkan penjelasan secara mendetail terkait hal tersebut,” tuturnya.

Pada kesempatan terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, Saiyed Abdul Gaffar Assaqqaf menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan menghadirkan layanan BPJS Keliling di seluruh kabupaten di wilayah Provinsi Maluku.

“Agar masyarakat semakin mengenal Program JKN, kami menjemput bola dengan memberikan layanan BPJS Keliling di berbagai lingkungan dan terjadwal secara rutin di lingkungan yang ramai antara lain di mall, pasar, Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil, kantor kecamatan, kantor desa dan juga puskesmas,” jelas Saiyed.

Dia menambahkan, semoga melalui salah satu kanal layanan BPJS Kesehatan ini, menjadi lebih efektif dan memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan Program JKN.

“Kemudahan-kemudahan yang kami berikan kepada masyarakat semoga hal ini juga mendapatkan respon yang baik. Sehingga masyarakat tidak perlu ke Kantor BPJS Kesehatan lagi,” harap Saiyed.(leonardo)

  • Bagikan