Ketua Golkar SBT Daftar Balon Bupati di 5 Parpol

  • Bagikan
Bupati SBT
Agil Rumakat menggelar konfrensi pers di kantor DPD NasDem SBT. (Foto by Jamal/ameks)

BULA, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Ketua DPD Golkar Seram Bagian Timur (SBT) Agil Rumakat, resmi mendaftar sebagai Bakal calon Bupati (Bacabup) untuk Pilkada 2024 di lima partai politik.

Kelima parpol itu, PKB, PAN,Hanura, Gerindra dan Nasdem terakhir. Rumakat dinyatakan resmi mendaftar setelah mengembalikan berkas pencalonan di lima partai politik tersebut.

Keseriusan mendapatkan rekomendasi dari sejumlah Partai besar itu di buktikan Rumakat dengan mengembalikan formulir berkas pencalonan di 5 partai hanya dalam waktu satu minggu.

Politisi senior SBT itu mengatakan, pengembalian formulir itu merupakan keseriusannya untuk komitmen maju calon Bupati SBT. Segala hal yang berkaitan dengan kelengkapan administrasi telah terpenuhi tanpa ada kekurangan.

Dirinya yakin dengan partai besutan Surya Paloh itu ia menang Pilkada nantinya. "Saya masuk ke rumah Nasdem ini, seperti masuk ke rumah sendiri. Kenapa? Ternyata semangat restorasi yang digaungkan oleh partai Nasdem secara Nasional, itu pun menjadi bagian dari semangat saya,” kata Agil di Sekretariat Nasdem SBT, Senin,(6/5/2024).

Sementara Ketua DPC Partai NasDem SBT Jazali Keliwar mengatakan, sejak dibuka pendaftaran pada tanggal 1 Mei 2024, sudah sebanyak lima Balon Bupati yang mengambil formulir pendaftaran di Partai NasDem.

"Kelima Balon Bupati itu yakni Wakil Ketua DPRD SBT Agil Rumakat, Mantan Wakil Bupati SBT Fachri Husni Alkatiri, Rohani Vanath, Abdul Malik Kastella dan Wakil Bupati SBT aktif Idris Rumalutur,"jelasnya.

Namun kata dia, hingga sampai hari keenam ini, baru Ketua DPD Partai Golkar SBT Agil Rumakat yang datang melakukan pengembalian di partai tersebut itu sebagai bacalon bupati.

"Yang pengambilan formulir itu tentunya yang pertama adalah pak Agil Rumakat, kemudian pak Fachri Husni Alkatiri, ibu Rohani Vanath, pak Malik Kastella dan pak Idris Rumalutur. Pengembaliannya hari ini baru pertama kal dilakukan oleh pak Agil Rumakat," tuturnya.

Keliwar mengaku sesuai tahapan 7 Mei 2024, adalah batas akhir pendaftaran di Partai NasDem. Semua Balon Bupati yang mengambil formulir di Partai NasDem harus segera melakukan pengembalian.

"Jadi tanggal 7 Mei besok itu sudah harus pengembalian berkas formulir. Kalau untuk perpanjangan, kita ini pasti ada juknis,"imbuhnya.

Terpisah, Sekretaris DPC Partai Gerindra SBT Costansius Kolatfeka mengungkapkan, setelah menerima semua dokumen yang diserahkan Agil Rumakat, tim penjaringan langsung melakukan verifikasi dan semua persyaratan umum dan khusus telah dipenuhi.

"Kami telah melakukan verifikasi sesuai dengan petunjuk teknis, berkas pak Agil Rumakat itu telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dalam petunjuk teknis partai," ungkapnya.

Kepada wartawan ia mengaku , selama pembukaan pendaftaran, baru dua Balon Bupati yang datang mengambil formulir pendaftaran di Partai Gerindra, yaitu Agil Rumakat dan mantan Wakil Bupati SBT Fachri Husni Alkatiri.

Sebelumnya, Wakil ketua DPRD Seram Bagian Timur (SBT) Agil Rumakat resmi mendaftar sebagai Bakal calon Bupati (Bacabup) SBT untuk Pilkada 2024 ke tiga partai politik yakni PKB, PAN dan Hanura.
Rumakat dinyatakan resmi mendaftar setelah mengembalikan berkas pencalonan ke tiga partai politik tersebut, pada Jumaat (3/5/2024).(jamal)

  • Bagikan