Bursa Pilgub Maluku Kian Ramai, Nendy: Biar Pemilih Punya Banyak Pilihan

  • Bagikan
Pilgub Maluku

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Sejumlah nama muncul dalam kontestasi bakal calon Gubernur Maluku. Paling banyak ada empat nama. Nendy Kurniawan Asyari menilai, makin banyak calon, membuat pemilih punya banyak preferensi dalam menentukan pilihan.

“Kan bagus kalau banyak. Empat atau lima pasangan calon, tidak masalah. Akan makin demokratis dalam persaingan. Pemilih punya banyak pilihan,” kata Nendy yang sudah puluhan tahun bekerja untuk lembaga survei Index kepada AMEKS.FAJAR.CO.ID , Minggu (8/1/2023).

Beberapa nama yang ramai diwacanakan, Murad Ismail sebagai petahana, Jeffrey Rahawarin, Febry Tetelepta, dan Sony Waplau. Namun belakangan muncul juga nama Irjen Marthinus Hukom yang kini menjabat sebagai Kepala Detasemen Khusus 88 Anti Teror.

Meski demikian, Nendy menilai akan ada tiga sampai empat pasangan calon yang akan bertarung di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2024 mendatang. Menurut dia, itu pertarungan ideal jika ingin pemilih punya banyak pilihan.

“Saya kira tiga sampai empat pasangan sudah cukup ideal. Semua kembali ke partai politik yang diberikan Undang undang untuk mengusung dan berkoalisi untuk mendukung pasangan calon,” kata Nendy.

Soal kapasitas dan kapabilitas nama-nama yang muncul, Nendy menolak memberikan komentar satu per satu. Bagi dia, semua nama yang diwacanakan ke publik, punya kapasitas dan kapabilitas.

“Nama-nama yang muncul ini kan putra terbaik yang dimiliki Maluku. Mereka punya kontribusi bagi negara ini. Karena itu, saya bilang tadi, makin banyak calon yang masuk bursa, akan makin baik bagi pemilih dalam menentukan pilihannya,” ungkap Nendy.

Sementara itu, dari lima nama yang diwacanakan menjadi calon Gubernur Maluku, Febry Tetelepta dan Jeffrey Rahawarin beberapa kali sudah menyatakan diri siap maju bertarung dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2024 mendatang. (ERM)

  • Bagikan