Hendrik-Saadiah Potensial Maju Pilgub, Jadi Lawan Berat?

  • Bagikan
pilgub maluku
Anggota DPR, Hendrik Lawerissa

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Pemilihan Gubernur Wakil Gubernur Maluku berlangsung pada 2024 mendatang. Beberapa figur yang dikabarkan maju sudah mulai muncul ke publik. Sebut saja, Jeffry Apoly Rahawarin, Murad Ismail dan Febri Calvin Tetelepta.

Selain ketiga figur ini, belakangan muncul nama Hendrik Lewerissa dan Saadiah Uluputty. Hendrik adalah Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Maluku. Sedangkan Saadiah, pengurus DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Maluku.

Menurut Direktur Maluku Political Institute, Wahada Mony keberhasilan Hendrik dan Saadiah di arena pileg ini bisa menjadi modal untuk maju sebagai calon gubernur maupun wakil gubernur Maluku 2024. Keduanya sudah sudah teruji.

"Mereka berdua ini adalah figur potensial yang kalau mau bangun poros baru di Pilgub Maluku, dan ini sangat potensial dan patut diperhitungkan oleh figur yang lain," jelas Wahada kepada Ambon Ekspres, Senin (3/4).

Menghadapi Pileg 2024, kata dia, Hendrik dan Saadiah aktif turun gunung menyosialisasikan diri maupun melakukan kegiatan sosial bersama masyarakat di hampir semua daerah di Maluku.

"Saadiah sebelum DPR RI, juga pernah di DPRD Maluku selama dua periode. Hendrik ketua partai kemudian terpilih sebagai anggota DPR RI. Jadi dari semua sisi kedua figur ini punya. Termasuk finansial," bebernya.

Selain aspek figuritas, lanjut Wahada, kedua figur tersebut juga memiliki kendaraan siap pakai. Gerindra memiliki 6 kursi, dan PKS 5 kursi di DPRD Maluku. Tanpa berkoalisi dengan parpol lain, PKS dan Gerindra sudah bisa mengusung pasangan calon sendiri.

Meski Pilkada digelar setelah Pileg, namun Wahaha yakin Gerindra maupun PKS akan mampu mempertahankan perolehan kursi di DPRD Maluku. "Gerindra PKS adalah partai yang sudah teruji dan tidak perlu diragukan. Setiap Pemilihan legislatif khusus DPRD Maluku, selalu di posisi wakil ketua DPRD. Saya kira ini modal untuk Pileg 2024 mereka tetap berupaya untuk mempertahankan posisi itu," jelasnya.

Sementara itu, pengamat Politik Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Said Lestaluhu juga menilai, peluang Hendrik dan Saadiah berpasangan sangat ditentukan oleh perolehan kursi.

Meski begitu, ia mengaku, secara personal sosok Hendrik Lewerissa dan Saadiah Uluputty merupakan politisi yang sudah teruji elektabilitasnya di masyarakat.

"Yang pasti bahwa mereka berdua ini elektabilitas sudah teruji. Karena sudah terpilih sebagai anggota DPR RI saat ini. Saya kira semakin banyak calon semakin bagus,agar masyarakat juga bisa memilih dan memilah siapa yang akan dipilih," jelasnya.

Saat ini, Hendrik dan Saadiah masih mendaftar sebagai calon anggota DPR RI di pileg 2024. Bila terpilih lagi, malah lebih baik karena dari sisi kekuatan lebih terukur.

"Kalau mereka terpilih lagi malah lebih baik, setelah itu baru kembali maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. Inti dari semua ini bagaimana bisa memajukan daerah," ungkap Lestaluhu. (WHB)

  • Bagikan