SMP Xaverius Ambon Purnawiyata 125 Pelajar

  • Bagikan
Ambon
SMP XAVERIUS : Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Ferdinand Tasso saat menghadiri kegiatan penamatan atau purnawiyata terhadap 124 pelajar SMP Katolik Xaverius Ambon angkatan LXVIII di Gedung Katolik Center, Jum'at (09/6).(Foto:JARDIN PAPALIA/Ameks)

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Sebanyak 125 pelajar SMP Katolik Xaverius Ambon angkatan LXVIII, ikut penamatan atau Purnawiyata tahun pelajaran 2023. Para pelajar ini diharapkan terus tingkatkan semangat belajar agar lebih berkualitas ke depan.

Kegiatan Purnawiyata ke LXVIII berlangsung di gedung Katolik Center, Jum'at (09/6) dengan mengusung tema, "Kamu Adalah Bintang Masa Depan,”.

Ketua Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Amboina, Pastor Agus Arbol mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk ucapan terima kasih dari pihak yayasan maupun sekolah kepada orang tua siswa yang telah mempercayakan anaknya sekolah di SMP Xaverius.

Baginya sejak awal masuk, pihak sekolah maupun yayasan menerimanya dengan baik, saat keluar juga harus dikembalikan kepada orang tua dengan baik.

"Kami bersyukur dan berterima kasih untuk orang tua murid yang telah menyekolahkan anak mereka di SMP Xaverius. Dan kegiatan ini juga sebagai momentum untuk refleksi bagi kami penyelenggara pendidikan, baik pihak yayasan maupun pihak sekolah untuk membenahi lagi kualitas pendidikan ke depan yang lebih baik," ujar Pastor Arbol kepada awak media usai kegiatan di gedung Katolik Center.

Dijelaskan, dari 125 siswa yang mengikuti penamatan atau purnawiyata merupakan alumni, karena telah lulus di SMP Xaverius Ambon.

Kegiatan seperti ini, katanya, setiap tahun dilakukan oleh yayasan, sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada orang tua murid dan juga siswa yang dengan sabar selama tiga tahun, bersama SMP Xaverius.

Alumni yang melanjutkan ke tingkat SMA manapun, diingatkan agar tidak melupakan tiga hal, pertama rajin belajar, banyak berdoa dan lebih meningkatkan karakter ke disiplinan. Dengan begitu katanya, akan menjadi alumni SMP Xaverius yang berkualitas.

"Kalau malas maka nanti, mereka terbelakang dari yang lain. Makanya tiga hal ini yang kita tekankan. Silahkan mereka mau lanjut ke SMA mana saja, asalkan belajar harus lebih ditingkatkan. Karena sesuai dengan tema kegiatan maka untuk menggapai semua ini maka saya kira tingkatkan semangat belajar dan terus berdoa menjadi penting," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Ferdinand F Tasso mengatakan, 125 pelajar lulusan SMP Xaverius harus menjadi alumni yang berkualitas, memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dapat ditunjukkan pada level apa saja ke depan.

Kesusksesan seseorang, bisa dicapai bukan dengan cara yang mudah, tetapi melalui usaha dan kerja keras, bila ingin lebih berkualitas dari yang lain dalam hal ilmu pengetahuan dan pengalaman.

"Ijazah apapun yang kalian miliki tetapi tidak memiliki karakter keilmuan yang baik kemudian disiplin, maka ijazah itu tidak dibutuhkan. Karena dari sisi SDM, anda tertinggal. Mereka yang statis tidak mau merubah, mereka akan tertinggal dengan perkembangan jaman," sebut Tasso.

Alumni, kata Tasso, yang memiliki karakter tekun dalam belajar, hasilnya akan memuaskan. Beda lagi dengan yang cepat bosan belajar, hasilnya itu saja tidak mengalami perubahan. Bahkan sudah merasa puas dengan apa yang dimilikinya saat ini.

"Ade-ade harus menjadi pelajar yang bekerja keras. Jadi kompetitor yang baik, dan terus menjaga konsistensi. Harus jaga nama baik anda dan keluarga. Karena dengan begitu akan membawakan kalian ke depan yang orang orang yang berkualitas, karena sudah teruji," ungkapnya kepada peserta purnawiyata.(WHB)

  • Bagikan