Tiga Dekan dan Dua Warek Bakal Bertarung Rebut Kursi Rektor Unpatti

  • Bagikan
pemilihan rektor unpatti
Gedung Kampus Unpatti

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Tiga dekan dan dua wakil rektor akan bertarung dalam bursa Pemilihan Rektor Universitas Pattimura untuk periode 2023-2027. Total sudah lima orang yang akan ikut dalam pemilihan di kampus biru ini.

Pendaftaran bakal calon rektor Unpatti telah dibuka sejak 23 Juni, dan akan ditutup pada Rabu, 5 Juli 2023. Hingga hari kelima, Senin (3/7), lima kandidat telah mendaftarkan diri.

Mereka adalah Dekan Fakultas Hukum Unpatti, Dr. Rory Jeff Akyuwen, S.H., M.Hum, Wakil Rektor I (Bidang akademik) Prof. Fredi Lewakabessy, Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) Dr. Yusuf Madubun, M.Si, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Prof. Dr. Izaac Wenno, dan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Prof. Dr. P. Kakisina, S.Pd. M.Si.

Kakisina mengatakan meski gagal terpilih pada pemilihan rektor sebelumnya, tapi ia tetap maju lagi karena ingin membawa Unpatti lebih maju lagi.

"Saya ingin Unpatti menjadi lebih baik lagi dari sekarang," kata dia kepada Ambon Ekspres usai mendaftar dan menyerahkan berkas kepada panitia bakal calon rektor Unpatti di gedung rektorat lantai V, Senin (3/7).

Dia memastikan mengikuti dan mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh senat terkait dengan pemilihan rektor.


"Patuh dan mengikuti segala aturan yang dikeluarkan oleh senat dalam pemenuhan berkas bakal calon rektor Unpatti 2023-2027,"pungkasnya.

Terpisah, Ketua Senat Universitas Pattimura Prof. Dr. S. E. M. Nirahua, SH., M. Hum, mengatakan, selama lima hari kerja baru lima peserta yang mendaftar sebagai bakal calon rektor. Hingga saat ini belum ada kandidat dari luar Unpatti.

"Kita tunggu saja sampai hari terakhir pendaftaran. Mudah-mudahan ada dari luar universitas (Unpatti-red), karena dari senat sudah melakukan pemberitahuan di laman https://pilrek.unpatti.ac.id," jelasnya.

Pemilihan rektor Unpatti dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristek Dikti) Republik Indonesia nomor 19 tahun 2017 sebagaimana telah diubah dengan Permenristek Dikti) nomor 21 tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pemimpin Perguruan Tinggi, dan Peraturan Senat Unpatti nomor 2 Tahun 2023 Tentang Tata Cara Pengangkatan Rektor Universitas Pattimura Periode 2023-2027.

Pentahapan dimulai dari pendaftaran bakal calon 23 Juni hingga 5 Juli 2023, verifikasi bakal calon rektor Unpatti 4-5 Juli, pengumuman hasil verifikasi 20-26 Juli, penjaringan bakal calon 27 Juli hingga 4 Agustus, penyampaian visi, misi dan program kerja bakal calon rektor Unpatti 7-11 Agustus, pemilihan dan penetapan tiga calon pada 14-18 Agustus, pemilihan calon rektor 21 Agustus sampai 17 November, serta penetapan dan pelantikan 17-25 November.

Nirahua menungkapkan, alur pemilihan rektor dimulai dari panitia menerima berkas pendaftaran bakal calon rektor, melakukan seleksi administrasi terhadap dokumen bakal calon, menyampaikan hasil seleksi administrasi kepada Senat untuk ditetapkan sebagai bakal calon rektor. Selanjutnya, senat menetapkan bakal calon rektor yang lulus seleksi administrasi dalam rapat senat dan
menyerahkan kepada panitia untuk diumumkan.

"Pengumuman sebagaimana dimaksud dilakukan paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah ditetapkan oleh Senat. Dan Pengumuman sebagaimana dimaksud pada ayat (5) dilakukan melalui laman Unpatti serta pada papan pengumuman setiap fakultas dalam lingkungan Unpatti dan papan pengumuman lainnya," pungkasnya. (LMS)

  • Bagikan