Pangdam Pattimura Berganti Orang, Richard Tampubolon Jabat Pangkogabwilhan III

  • Bagikan

Jakarta, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Mayjen Ruruh A Setyawibawa dimutasi dari jabatan Panglima Kodam XVI/Pattimura. Jenderal bintang dua ini diganti Mayjen Syafrial.

Sementara mantan Pangdam Pattimura sebelumnya Letjen Richard Tampubolon menjabat Panglima komando gabungan wilayah pertahanan III.

Rotasi dilakukan  Panglima TNI Laksamana Yudo Margono terhadap 96 perwira tinggi yang memegang jabatan strategis.

Mutasi ini tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 17 Juli.

Ada tujuh Kodam yang diganti panglimanya. Selain Kodam Pattimura, Pangdam XII Merdeka, Pangdam IX/Udayana Bali, Pangdam III/Siliwangi, Pangdam II/Sriwijaya, Pangdam I/Bukit Barisan, dan Pangdam XIII/Kasuari.

Selain itu, beberapa jabatan yang diganti di antaranya Kepala Badan Keamanan Laut (Kabakamla). Pejabat lama yakni Laksdya Aan Kurnia digeser menjadi Pati Mabes AL dalam rangka pensiun.

Posisinya digantikan oleh Laksdya Irvansyah yang sebelumnya merupakan Pangkogabwilhan I.

Lalu, posisi Pangkogabwilhan I akan dijabat oleh Laksda Erwin S Aldedharma yang sebelumnya merupakan Pangkoarmada I.

Dikutip dari cnn.com, Yudo juga mengganti Wagub Lemhannas dari Letjen Mohamad Sabrar kepada Laksda Maman Firmansyah.

Sabrar digeser sebagai Pati Mabes AD dalam rangka pensiun. Sementara Maman sebelumnya merupakan Pangkoarmada II.

Posisi Pangkogabwilhan III juga diganti dari Letjen Agus Suhardi kepada Letjen Richard Tampubolon. Agus digeser sebagai Pati Mabes AD dalam rangka pensiun, sementara Richard sebelumnya merupakan Irjenad.(yan)

  • Bagikan