Ambon New Port Terancam Dihapus dari PSN

  • Bagikan
Ambon New Port
Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo. (foto: Antara)

Jakarta, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Ambon New Port hampir pasti dihapus dalam proyek strategis nasional atau PSN. Selain itu, proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya juga diusulkan untuk dihapus.

Hal Ini disampaikan Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo, dikutip dari detik.com, saat membocorkan beberapa proyek yang berpotensi dicoret dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) hingga 2024.

Masalah anggaran dan pembebasan lahan yang sulit, menjadi penyebab dihapusnya Ambon New Port dari PSN. Kata Wahyu, APBN tidak akan dipakai untuk proyek tersebut, sementara pihak swasta juga belum ada.

"Yang pasti Pelabuhan Ambon, itu udah lah. Kan APBN nggak mau masuk, maunya adalah dari swasta, (tapi) swasta belum ada yang mau. Dari sisi pengadaan tanahnya juga sulit," beber Wahyu dilansir detik.com.

Berbeda dengan pernyataan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Menurut Hadi, jika tidak melalui PSN, bukan berarti proyeknya dihentikan.

"Kalau nggak di PSN, bukan berarti berhenti, hanya fasilitas PSN-nya saja yang berhenti, tapi proyeknya bisa jalan terus," ujar Basuki Hadimuljono dalam kesempatan yang sama.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo pada Mei 2022 saat bertemu Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio, mengajak Jepang terlibat dalam pembangunan Ambon New Port dan Perikanan di MBD maupun KKT.

Dalam akun resmi instagram Jokowi, Presiden kepada Perdana Menteri Jepang, menyambut baik kerjasama di bidang infrastruktur dan berharap partisipasi Pemerintah Jepang pada proyek-proyek infrastruktur lainnya di Tanah Air.(detik.com/ameks.id)

  • Bagikan