Enam Warga SBT Terpapar HIV/AIDS

  • Bagikan
ILUSTRASI
ILUSTRASI

Bula, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Kasus HIV/AIDS terus meningkat di Maluku, tak terkecuali di kabupaten Seram Bagian Timur(SBT). Dinas Kesehatan (Dinkes) SBT mengidentifikasi enam warga yang terjangkit penyakit tersebut.

Dari enam kasus tersebut ditemukan pada 3 kecamatan, diantaranya kecamatan Bula, kecamatan Bula Barat dan juga kecamatan Teluk Waru.

Kepala Dinas Kesehatan SBT Samaun Rumakabis mengatakan, kasus ini ditemukan sepanjang 6 Bulan dari Januari hingga Juni tahun 2023 ini.

"Tahun lalu sekitar 13 kasus yang ditangani. Jadi ada sekitar 3 kecamatan ini saja yang kasus menyebar," ungkap Samaun Rumakabis kepada wartawan,Jumaat(15/9/2023).

Dirinya mengaku, telah melakukan pendampingan dan penanganan kepada pasien yang terpapar HIV tersebut. "Karena sementara ini obatnya masih dari Ambon. Kita sementara masih proses untuk pembentukan layanan-layanan,"ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya juga telah melakukan pelatihan terkait pembentukan Tim layanan untuk penanganan HIV di Puskesmas Bula maupun Rumah sakit umum Bula.

"Selanjutnya kita menyebar ke semua Puskesmas. Untuk sementara kita fokus dua tempat itu untuk pelayanan penanganan. Sehingga pengambilan obat mereka harus ke Ambon," jelasnya.

Rumakabis menambahkan, setiap triwulan atau 6 enam bulan sekali Tim dari Dinkes melakukan tracing atau mengidentifikasi kasus baru di sejumlah tempat-tempat hiburan malam. Hal itu dilakukan agar mencegah penularan human immunodeficiency virus(HIV) secara lebih dini.(Jamal Umage)

Rumakabis menambahkan, setiap triwulan atau 6 enam bulan sekali Tim dari Dinkes melakukan tracing atau mengidentifikasi kasus baru di sejumlah tempat-tempat hiburan malam. Hal itu dilakukan agar mencegah penularan human immunodeficiency virus(HIV) secara lebih dini.(Jamal Umage).

  • Bagikan